Beranda Ekonomi Jarak Tempuh 12 Kilometer, Warga Cot Merbo Harapkan Pemerintah Bangun SMP Baru

Jarak Tempuh 12 Kilometer, Warga Cot Merbo Harapkan Pemerintah Bangun SMP Baru

BERBAGI
Tgk Muharuddin saat bersilaturrahmi dengan warga kemukiman Beureughang Aceh Utara. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]

ACEH UTARA – Warga Cot Merbo II, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara mengharapkan pemerintah agar membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru di lingkungan desa mereka. Hal itu dikarenakan para pelajar desa setempat harus menempuh jarak hingga 12 kilometer untuk ke sekolah yang berada di Buloh Blang Ara.

“Kami di sini hanya punya satu SD (sekolah dasar). Itupun kelasnya terbatas, satu angkatan hanya dua kelas. Bagi yang SMP anak-anak kami harus menempuh jarak 12 kilometer untuk ke sekolah,” kata Ketua Tuha Peut Gampong Cot Merbo, M. Yusuf, saat bertemu Anggota DPRA Tgk. Muharuddin, usai menunaikan shalat maghrib di masjid desa setempat, Jumat malam (1/3/2019).

Selain jarak, M. Yusuf menjelaskan, akses jalan yang buruk dan belum teraspal juga menjadi kendala para pelajar untuk menempuk jarak yang jauh ke sekolah.

“Persoalan ini sudah pernah kami sampaikan kepada pemerintah, namun sampai sekarang belum ada pembangunan sekolah baru, untuk memudahkan anak-anak di desa kami ke sekolah agar tidak terlalu jauh,” ungkapnya.

Untuk itu, M. Yusuf berharap kepada Tgk. Muharuddin selaku Anggota DPRA dapat memperjuangkan persoalan tersebut, dengan harapan di desa mereka dapat dibangun SMP yang baru.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRA Tgk. Muharuddin mengatakan kewenangan SD dan SMP saat ini menjadi kewenangan kabupaten/kota. Untuk itu, dirinya akan berupaya berkoordinasi dengan apra anggota DPRK dan Bupati Aceh Utara, agar adanya upaya pembangunan sekolah baru di Gampong Cot Merbo.

“Secara pribadi, saya juga memohon maaf selama ini DPRA masih banyak persoalan yang belum berhasil diselesaikan dalam hal pembangunan, di mana masih banyak jalan yang kondisinya buruk dan berlubang di Aceh Utara,” kata Tgk. Muharuddin.

Usai bersilaturrahmi dengan sejumlah Warga Cot Merbo II, Tgk. Muharuddin mengunjungi Dayah Babul Huda, Gampong Cot Merbo, Kuta Makmur, Aceh Utara.

Pimpinan Dayah Babul Huda, Waled M. Nasir, berharap kepada Tgk. Muharuddin jika nantinya diberikan kepercayaan oleh masyarakat Aceh ke DPR-RI dapat memberikan perhatian ke Aceh, khususnya dalam hal pendidikan agama, serta perhatian di bidang lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Selanjutnya, Tgk. Muharuddin dan rombongan bersilaturrahmi dengan sejumlah warga di Gampong Blang Pauh Sa, Kecamatan Julik, Aceh Timur. [Reza Gunawan]

BERBAGI