Home Ekonomi Tgk Muharuddin Berharap di Aceh Utara Hadir Pabrik Kelapa Sawit Baru

Tgk Muharuddin Berharap di Aceh Utara Hadir Pabrik Kelapa Sawit Baru

SHARE

BAKTIYA – Anggota DPR Aceh Tgk. Muharuddin mengharapkan di Aceh Utara hadir pabrik kepala sawit (PKS) baru, selain yang telah ada selama ini yaitu di kawasan Lhoksukon. Dia menilai, hadirnya pabrik kelapa sawit baru di Aceh Utara sangat diperlukan karena luasnya lahan sawit dan banyaknya masyarakat yang mencari nafkah sebagai petani sawit.

“Lahan sawit Aceh Utara sangat luas dan banyak masyarakat yang mencari nafkah di perkebunan sawit. Untuk itu, mengingat banyaknya petani sawit di Aceh Utara, maka perlu diperjuangkan agar lahirnya pabrik kelapa sawit baru, khususnya di kawasan pesisir Aceh Utara, selain yang telah ada selama ini di Lhoksukon,” kata Tgk. Muharuddin dalam sambutannya dalam acara peresmian RAM (timbangan sawit) UD. Tuban, jumat sore (22/2/2019), di Gampong Arongan Lise, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara.

Untuk itu, Tgk. Muharuddin berharap para anggota DPRK Aceh Utara beserta Anggota DPRA asal Aceh Utara dapat mengupayakan ke depannya untuk melahirkan pabrik kelapa sawit baru di Aceh Utara.

“Ke depannya dari jajaran DPRK dan kami di DPRA diharapkan dapat berkoordinasi dan mengupayakan bagaimana nantinya dapat melahirkan pabrik kelapa sawit baru di Aceh Utara,” ujarnya.

Sementara itu dengan hadirnya timbangan sawit di Baktiya, Tgk. Muharuddin juga mengharapkan hal itu dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar, serta meningkatkan harga jual dan produktifitas sawit di Aceh Utara.

“Semoga dengan adanya timmbangan baru ini akan memudahkan masyarakat menjual hasil sawit mereka dan meningkatkan harga jual sawit, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani sawit,” kata Mantan Ketua DPR Aceh periode 2014-2018 ini.

Tgk Muharuddin saat melihat timbangan sawit baru di Gampong Arongan Lise, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]
Manager UD Tuban, Anwar, mengatakan hadirnya timbangan di Kecamatan Baktiya dapat dilakukan berkat dukungan dari masyarakat setempat dan PT Era Karya Jatayumas Medan.

“Dengan adanya timbagan ini juga telah mengurangi pengangguran, dikarenakan para pekerja di sini yaitu pekerja bongkar muat, security, supir, serta anggota di timbangan adalah masyarakat di sekitar Baktiya ini. Semoga saja ke depan setelah adanya timbangan ini, saya dapat mengupayakan lahirnya PKS baru, khususnya di wilayah pesisir Aceh Utara,” ujarnya. [Reza Gunawan]

SHARE