Beranda Tausiah Tim Tahsin IKAT Adakan Safari Subuh di Aceh Tengah

Tim Tahsin IKAT Adakan Safari Subuh di Aceh Tengah

BERBAGI
Safari subuh IKAT. [Foto: Istimewa]
Safari Subuh IKAT. [Foto: Istimewa

TAKENGON – Selain melatih tahsin Qur’an dan mengajar tajwid kepada para imam dan guru TPQ di Kabupaten Aceh Tengah, tim tahsin Quran dari Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) juga menjadi imam shalat dan penceramah Subuh di beberapa tempat.

Koordinator tim tahsin Quran IKAT, Muhammad Yasin Jumadi mengatakan safari subuh merupakan bagian dari program mereka. Setiap hari ada sepuluh anggota tim yang melakukan safari subuh di lima mesjid.

“Satu jadi imam, satu lagi menjadi penceramah,” kata Yasin Jumadi, sebagaimana dalam rilis yang dikirim yang dikirim ketua IKAT Aceh, tgk H. M. Fadhil Rahmi Lc, Senin (10/12/2018).

Sementara itu, anggota MPU Aceh Tengah Tgk. Risma Hambali mengatakan bahwa kegiatan tahsin Quran mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah dengan program seperti ini, keberadaan IKAT semakin terasa di masyarakat Aceh Tengah,” sebutn Tgk. Risma Hambali yang juga Ketua IKAT Kabupaten Aceh Tengah.

Adapun ketua IKAT Aceh Tgk. Muhammad Fadhil Rahmi, Lc. menjelaskan, tim tahsin IKAT mengajar cara baca Al-Quran mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 14.00 wib selama tiga hari.

“Keberadaan tim tahsin dari IKAT dimana pun mereka berada Insya Allah siap berkhidmah untuk masyarakat. Diminta menjadi imam shalat Insya Allah siap. Diminta ceramah subuh, Insya Allah siap. Ceramah Maulid, Insya Allah juga siap. Tadi malam salah satu Tim Tahsin, yaitu Tgk. Muhammad Yasin, Lc. menjadi penceramah Maulid di Kecamatan Bies Mulie,” jelasnya.

Kepala Baitul Mal Aceh Tengah Drs. Ridwan Qari mengatakan, program tahsin Quran di Aceh Tengah setelah pelatihan ini berencana membuat pelatihan yang lebih intensif lagi untuk guru-guru Al-Quran.

“Kita berharap, setiap kecamatan ada minimal satu atau dua orang pengajar Al-Quran yang benar-benar menjadi rujukan bagi masyarakat,” sebutnya. [Najib Zakaria]

BERBAGI