Beranda Nanggroe Dua Tanggul di Aceh Utara Jebol, Enam Rumah Warga Hanyut

Dua Tanggul di Aceh Utara Jebol, Enam Rumah Warga Hanyut

BERBAGI
Banjir melanda sejumlah desa di Aceh Utara. [Foto: BPBA]

LHOKSUKON – Tanggul di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron; dan Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, jebol. Akibatnya, enam rumah warga hanyut tersapu arus banjir.

“Ada empat rumah yang roboh dan barang-barangnya hanyut dibawa banjir di Desa Kumbang, Syamtalira Aron. Saat tanggulnya jebol, warga di bantaran sungai itu tidak sempat lagi mengevakuasi barang milik mereka,” kata Kabag Ops Polres Aceh Utara AKP Iswahyudi, Sabtu (17/11/2018).

Menurut Iswahyudi, tanggul jebol diperkirakan pukul 10.00 WIB. Lebar tanggul yang jebol sekitar 10 meter.

Sementara itu, ada dua rumah warga yang roboh akibat jebolnya tanggul Desa Mancang, Aceh Utara. “Ada dua rumah warga yang rusak dan hanyut karena jebolnya tanggul,” kata salah seorang warga, Yusuf Hasan.

Dia menyebutkan tanggul itu jebol sudah beberapa kali. Namun pemerintah tidak peka terhadap tanggul tersebut sehingga, jika air sungai meluap, tanggul tidak sanggup menahannya dan selanjutnya jebol.

“Akibatnya, ratusan rumah di delapan desa terkena dampak jebolnya tanggul tersebut. Pemerintah harus lebih serius lagi menanggapi persoalan tanggul ke depannya,” ujar Yusuf.

SUMBER: Detik.com

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here