Beranda Nanggroe Aceh Target Utama KPK Dalam Pemberantasan Korupsi

Aceh Target Utama KPK Dalam Pemberantasan Korupsi

BERBAGI
Gedung KPK di Jakarta. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan Provinsi Aceh menjadi target utama lembaga tersebut untuk penindakan dan pemberantasan korupsi.

“Aceh menjadi target pertama pemberantasan korupsi KPK. Sebab, Aceh memiliki anggaran yang luar biasa,” tegas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif di Banda Aceh, Kamis (15/11/2018).

Selain Aceh, Provinsi Papua, Papua Barat, Riau, dan Banten juga menjadi target KPK. Sama dengan Aceh, provinsi target pemberantasan korupsi KPK juga memiliki anggaran yang besar.

Aceh, kata Laode, memiliki anggaran yang besar yang harus digunakan untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk dikorupsi oleh oknum maupun kelompok tertentu hanya untuk kepentingan mereka.

Oleh karena itu, KPK mengajak seluruh elemen masyarakat mengawasi penggunaan anggaran agar tidak diselewengkan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Selain penindakan, Aceh juga masuk dalam fokus KPK dalam hal pencegahan, sebab Aceh merupakan provinsi yang rentan korupsi karena memiliki anggaran yang besar.

“Tugas KPK tidak hanya menindak, tetapi juga mencegah. KPK juga pernah melakukan operasi tangkap tangan di Aceh sebagai bentuk penindakan serta sering juga menyosialisasikan antikorupsi sebagai upaya pencegahan,” kata dia.

Laode menyebutkan pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan hanya menjadi wewenang dan tanggungjawab KPK bersama lembaga penegak hukum lainnya, tapi juga menjadi tanggung seluruh elemen masyarakat.

“Karena itu semua elemen masyarakat harus ikut berpartisipasi mencegah dan memberantas korupsi serta menanamkan jiwa antikorupsi di dalam diri masing-masing,” tambah Laode Muhammad Syarif.

SUMBER: Antara Aceh

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here