Beranda Hukum Penyidikan Selesai, KPK Limpahkan Kasus Suap Irwandi Yusuf ke Pengadilan

Penyidikan Selesai, KPK Limpahkan Kasus Suap Irwandi Yusuf ke Pengadilan

BERBAGI
Irwandi Yusuf turun dari kendaraan lapis baja milik Polda Aceh saat akan diberangkatkan KPK ke Jakarta melalui Bandara Sultan Iskandar Muda. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas dan bukti perkara kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang menjerat Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf ke Pengadilan, Selasa (30/10/2018). Pelimpahan berkas itu dilakukan setelah KPK menyatakan selesai melakukan penyidikan.

“Penyidikan terhadap tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap terkait DOK Aceh telah selesai. Hari ini dilakukan pelimpahan barang bukti dan tiga tersangka Tindak Pidana Kasus Suap terkait dengan pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 ke penuntutan (tahap 2),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada acehonline.info, Selasa sore.

Dalam waktu dekat, Febri menjelaskan, direncakan akan dibawa ke persidangan, yaitu terhadap Irwandi Yusuf (mantan Gubernur Aceh periode Februari 2007-Februari 2012), T. Saiful Bahri (swasta, dan Hendri Yuzal (ajudan gubernur Aceh). Sidang tersebut akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Berkas yang dilimpahkan adalah berkas dalam penyidikan dugaan suap terkait DOK Aceh dan dugaan penerimaan gratifikasi pembangunan Dermaga Sabang,” jelas Febri.

Hingga hari ini, Febri juga mengatakan total sekurangnya 121 saksi telah diperiksa dalam dua perkara tersebut. Ketiganya juga masing-masing telah diperiksa sekurangnya empat kali dalam kapasitas sebagai tersangka.

Unsur saksi yang diperiksa penyidik KPK, kata Febri, antara lain Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Asisten II Provinsi Aceh, Kepala Bappeda Aceh periode 2017 s.d sekarang, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, PNS pada Dinas Pengairan Aceh, Dinas PUPR, Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Aceh, Direktur Utama PT TUAH SEJATI, dan wiraswasta. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here