Beranda Tekno DETaK Unsyiah akan Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional 2018

DETaK Unsyiah akan Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional 2018

BERBAGI

BANDA ACEH – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) pada 6–11 November 2018 mendatang. Kegiatan yang mengusung tema “Jurnalisme Lingkungan” ini dijadwalkan akan berlangsung di 3 tempat berbeda, yaitu Banda Aceh, Conservation Respon Unit (CRU) Sampoinet-Aceh Jaya, dan Sabang.

Pemilihan tema kegiatan tersebut didasarkan pada keprihatinan jurnalis muda UKM Pers DETaK Unsyiah terhadap banyak isu lingkungan yang tidak muncul ke permukaan dan sepi lirikan media besar maupun media yang digerakkan oleh jurnalis mahasiswa sendiri.

“Selaras dengan tujuan kegiatan ini yang pertama untuk membekali dan mengenalkan para calon jurnalis terkait isu lingkungan, melihat saat ini jarang sekali jurnalis mahasiswa yang kritis menyoroti permasalahan lingkungan hidup,” ungkap Athaillah selaku Ketua Panitia saat ditemui di Sekretariat UKM Pers DETaK Unsyiah pada Selasa, 18 September 2018.

Lebih lanjut, Athaillah berharap bahwa kegiatan pelatihan yang berfokus pada materi foto dan video ini, dapat menjadi suatu upaya menyampaikan seruan kepada semua pihak untuk berpartisipasi dalam gerakan menyelamatkan kelestarian lingkungan hidup.

Ditemui di tempat dan waktu bersamaan dengan Athaillah, Pimpinan Umum UKM Pers DETaK Unsyiah, Eureka Shittanadi berharap dengan diusungnya kegiatan ini dapat menjadi bukti representatif bahwasanya jurnalis kampus sebagai bagian dari generasi muda masih bersikap kritis dalam menjalankan fungsi pengawasan permasalahan yang terjadi di Indonesia, khususnya di bidang lingkungan hidup.

“Kita sering dituntut untuk menjadi stakeholder muda yang kritis, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa menjadi bukti bahwa kita bersikap peduli pada permasalahan yang dihadapi bangsa kita, misalnya permasalahan kepunahan, perubahan iklim dan masih banyak lagi,” jelas Eureka.

Pelatihan jurnalistik ini diperuntukkan bagi calon jurnalis muda yang berasal dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) seluruh Indonesia. Selain mengadakan pelatihan, rangkaian kegiatan yang mengiringi kegiatan PJTLN diantaranya adalah lomba phtography dan videography, Seminar Nasional Lingkungan yang akan diselenggarakan di Banda Aceh, simulasi kegiatan di Sampoinet, Aceh Jaya dan Field Trip di Sabang. []

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here