Beranda Hukum KPK Dalami Regulasi dan Proses Penganggaran Otsus Aceh

KPK Dalami Regulasi dan Proses Penganggaran Otsus Aceh

BERBAGI
Juri Bicara KPK Febri Diansyah [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami regulasi dan proses awal penganggaran dana otonomi khusus (otsus) Aceh. Hal itu dilakukan dalam hal melakukan pengembangan penyelidikan kasus suap dana otsus Aceh yang menjerat Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

“Dalam kasus ini KPK mulai menelusuri dugaan aliran dana terkait proyek-proyek lainnya di Aceh,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan whatshap kepada acehonline.info, Senin (20/8/2018).

Senin kemarin, Febri menjelaskan, penyidik KPK kembali memeriksa lima orang saksi untuk tersangka Irwandi Yusuf. Pemeriksaan tersebut, dilakukan di kantor KPK di Jakarta.

Para saksi yang diperiksa, Febri menambahkan, antara lain Astera Primanto Bhakti (Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu,  T. Yusrizal (PNS), Akbar Velayati (swasta), Sandy Irawab Saputra (swasta), dan Riski (swasta).

“Selain itu, penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap tersangka AMD, Bupati Bener Meriah,” ungkap Febri.

Sebelumnya Febri mengatakan tim penyidik KPK menemukan bukti-bukti baru yang mengarah pada dugaan penerimaan-penerimaan lain oleh tersangka Irwandi Yusuf terkait kasus dana otonomi khusus (Otsus) Aceh dan proyek lain. KPK juga menduga adanya peran pihak-pihak lain di sekitar Gubernur Aceh terkait dugaan penerimaan (suap) tersebut.

“Peran pihak-pihak lain di sekitar gubernur menjadi perhatian penyidik. Dugaan adanya perintah dan arahan dari tersangka IY terkait proyek-proyek sedang kami cermati,” kata Febri Diansyah, Kamis malam (16/8/2018).

Sejak Senin (13/8) kemarin, Febri menjelaskan tim penyidik KPK telah memeriksa sekitar 60 saksi untuk para tersangka di kasus suap terkait dana otsus Aceh.

Para saksi yang diperiksa yaitu mulai dari Plt Gubernur Aceh, sejumlah kepala dinas di jajaran Pemerintah Aceh, para ketua pokja, serta pihak bank dan swasta.

“Selain itu dilakukan penggeledahan di dua titik kemarin pada Rabu di Banda Aceh,” jelasnya. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here