Beranda Hukum KPK Temukan Bukti Baru Dugaan Penerimaan Lain untuk Irwandi Yusuf Terkait ...

KPK Temukan Bukti Baru Dugaan Penerimaan Lain untuk Irwandi Yusuf Terkait Otsus Aceh dan Proyek

BERBAGI
Irwandi Yusuf usai menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK terkait kasus suap dana Otsus Aceh, Senin (13/8/2018). [Foto: Detik.com]

BANDA ACEH – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan tim penyidik KPK menemukan bukti-bukti baru yang mengarah pada dugaan penerimaan-penerimaan lain oleh tersangka Irwandi Yusuf terkait kasus dana otonomi khusus (Otsus) Aceh dan proyek lain. KPK juga menduga adanya peran pihak-pihak lain di sekitar Gubernur Aceh terkait dugaan penerimaan (suap) tersebut.

“Peran pihak-pihak lain di sekitar gubernur menjadi perhatian penyidik. Dugaan adanya perintah dan arahan dari tersangka IY terkait proyek-proyek sedang kami cermati,” kata Juru  Bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan whatshaap kepada acehonline.info, Kamis malam (16/8/2018).

Sejak Senin (13/8) kemarin, Febri menjelaskan tim penyidik KPK telah memeriksa sekitar 60 saksi untuk para tersangka di kasus suap terkait dana otsus Aceh.

Para saksi yang diperiksa yaitu mulai dari Plt Gubernur Aceh, sejumlah kepala dinas di jajaran Pemerintah Aceh, para ketua pokja, sertapihak bank dan swasta.

“Selain itu dilakukan penggeledahan di dua titik kemarin pada Rabu di Banda Aceh,” jelasnya.

Sebelumnya Febri mengatakan KPK terus menelusuri data proyek-proyek dan alokasi anggaran di sejumlah dinas di Aceh terkait dengan dana otsus Aceh.

“Bukti-bukti yang didapatkan penyidik semakin memperkuat dugaan adanya tindak pidana korupsi terkait DOK Aceh ini,” ungkapnya.

Febri juga mengatakan saat ini tim penyidik KPK sedang mencermati bukti-bukti baru tentang aliran dana lain yang diduga diterima gubernur Aceh Irwandi Yusuf terkait sejumlah proyek di Aceh.

“Kemarin Senin, 13 Agustus 2018 penyidik mendalami dugaan peran dan perintah tersangka IY (gubernur Aceh) serta penerimaan-penerimaan lain yang terkait dengan proyek Aceh Marathon dan proyek lain di Aceh,” kata Febri, Selasa.

Selain itu, Febri menambahkan KPK juga menggali keterkaitan sejumlah proyek dengan saksi Steffy Burase yang telah beberapa kali diperiksa KPK di Jakarta. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here