Beranda Nanggroe Proyek Saluran Pembuangan Air di Desa Prapat Batu Nunggul Diduga Dikerjakan Asal...

Proyek Saluran Pembuangan Air di Desa Prapat Batu Nunggul Diduga Dikerjakan Asal Jadi

BERBAGI

KUTACANE – Pekerjaan proyek Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang berada di Desa Prapat Batu Nunggul, Lawe Alas, Aceh Tenggara diduga dikerjakan asal jadi.

Informasi dari warga setempat yang diperoleh acehonline.info disebutkan proyek yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2018 diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Selain itu, proyek parit tersebut juga diduga tidak memiliki volume (spesifikasi) sesuai dengan gambar design perencanaan.

Warga Desa Prapat Batu Nunggul, AM (40 tahun), kepada Aceh Online, Sabtu (4/8/2018), mengatakan dirinya menduga volume ukuran SPAL sengaja dikurangi oleh para pekerja, yang ditenggarai atas arahan dari iknum kepala desa berinisial S.

“Jelas ini dilakukan agar proyek SPAL yang bernilai Rp 77 juta tersebut bisa memberikan keuntungan buat oknum Kepala Desa, makanya volume sengaja dikurangi. Jika tidak percaya saya berani coba diukur secara rinci volume saluran itu,” ujar warga yang enggan disebutkan namanya itu.

Proyek SPAL di Desa Prapat Batu Nunggul Aceh Tenggara. [Foto: Istimewa]
Sementara itu AS (45 tahun) warga desa setempat lainnya mengatakan dinding saluran yang terbuat dari semen itu terlihat sangat kasar, yang terkesan proyek tersebut dikerjakan asal jadi.

“Wajar saja kita duga oknum Kepala desa mengerjakan proyek SPAL itu dengan asal jadi saja dengan mengabaikan spesifikasi,” jelasnya.

Atas persoalan itu, warga tersebut meminta kepada penegak hukum dan pihak terkait di Aceh Tenggara untuk turun ke lokasi proyek SPAL di Desa Prapat Batu Nunggul guna mengantisipasi terjadinya kerugian negara terhadap penggunaan Dana Desa tahun 2018.

Sementara itu Kepala Desa Prapat Batu Nunggul, S, ketika dikonfirmasi belum memberikan jawaban atas dugaan penyimpangan proyek desa tersebut. Pesan singkat dan panggilan yang dilayangkan ke selularnya tidak ditanggapi. [Riki Hamdani]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here