Beranda Nanggroe Pemerintah Aceh Diminta Bangun Museum Khusus Kesultanan Aceh

Pemerintah Aceh Diminta Bangun Museum Khusus Kesultanan Aceh

BERBAGI
Ketua DPRA Tgk. Muharuddin meninjau Komplek Makam Sultan Iskandar Muda. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tgk. Muharuddin meminta Pemerintah Aceh untuk dapat memberikan perhatian khusus terhadap peninggalan sejarah Aceh. Untuk melestarikan peninggalan sejarah Aceh, Tgk. Muhar berharap Pemerintah Aceh dapat membangun museum khusus kesultanan Aceh.

“Ini bertujuan untuk menghargai dan membangkitkan kembali nilai sejarah kesultanan Aceh,” kata Ketua DPR Aceh, Tgk. Muharuddin saat berziarah ke makam Teungku Putroe Safiatuddin Cahaya Nur Alam di Komplek Badan Pembina Rumpun Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu (1/8/2018).

Tgk. Muharuddin mengatakan Pemerintah Aceh sepatutnya turut mengambil peran untuk memberikan perhatian serius terhadap situs cagar budaya di Aceh. Pasalnya, kata Tgk. Muhar, selain merawat dan menjaga napak tilas sejarah kesultanan Aceh juga dapat dijadikan destinasi wisata.

“Ini semata-mata demi menunjukkan pada generasi Aceh bahwa pemerintah tidak melupakan sejarah perjuangan leluhur kita. Berkat perjuangan merekalah Aceh dan Indonesia terus dikenal sebagai bangsa yang tangguh dan melekat pada generasi kita saat ini,” ujar Tgk. Muhar.

Di sela-sela kunjungan itu, politisi Partai Aceh ini turut meninjau langsung kondisi stand Kesultanan Aceh Darussalam. Stand ini merupakan stand khusus yang ikut memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 7 yang akan digelar pada Minggu (5/8/2018) mendatang.

Untuk diketahui, Kompleks Badan Pembina Rumpun Iskandar Muda (Baperis) merupakan Komplek Makam Sultan Iskandar Muda. Komplek makam yang terletak di samping Museum Aceh dan di sisi Meuligoe Gubernur Aceh ini juga terdapat makam Sultan Mansur Syah beserta garis keturunannya. []

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here