Beranda Jurnalis Warga Warga Tenggulun Desak Izin Garap Lahan

Warga Tenggulun Desak Izin Garap Lahan

BERBAGI

KUALA SIMPANG – Kalangan warga Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, mendesak pemerintah daerah setempat mengeluarkan izin menggarap lahan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

“Kami mendesak pemerintah daerah mengeluarkan izin kepada masyarakat untuk menggarap lahan TNGL. Lahan yang digarap ini akan menjadi sumber mata pencaharian masyarakat,” kata seorang warga Tenggulun di Tenggulun, Kamis (23/7/2018).

Warga tersebut menyebutkan, lahan yang diajukan untuk digarap tersebut berapa di perbatasan Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.

Ia mengatakan, sebagian warga di Tenggulun sudah mengajukan permohonan izin lahan garapan tersebut, Namun, hingga kini izin yang belum ada titik terang dari pemerintah daerah.

Sementara itu, kata dia, oknum-oknum pemilik uang atau pemodal dari luar Aceh sudah menggarap lahan di kawasan TNGL dengan tanaman sawit. Padahal, izin garapan lahannya tidak ada.

“Ini yang menjadi tanda tanya kami. Mengapa pemodal dari luar daerah bisa dan sudah menanam sawit. Sementara, permohonan kami menggarap lahan tersebut belum ada titik terang dari pemerintah daerah,” ketus dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat Tenggulun mendesak pemerintah daerah mengeluarkan izin menggarap lahan, sehingga masyarakat bisa memiliki mata pencarian yang menjadi sumber perekonomian keluarga.

“Mengapa orang luar bisa menggarap lahan di kawasan TNGL. Mengapa, kami putra daerah malah tidak mendapatkan lahan tersebut. Jika begini terus, masyarakat Tenggulun hanya menjadi penonton di daerahnya,” pungkas dia.

Penulis: Indra
Editor : Muhammad Haris

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here