Beranda Jurnalis Warga Fenomena Mati Lampu Mingguan Kecamatan Tenggulun

Fenomena Mati Lampu Mingguan Kecamatan Tenggulun

BERBAGI

TENGGULUN – Pemadaman listrik sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat pedalaman, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang. Pasalnya, pemadaman listrik bisa dipastikan terjadi, paling tidak di hari Minggu.

Misalnya pada Minggu (8/7/2018), Dusun Sumberejo, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang terdampak pemadaman listrik dengan durasi lama. Tercatat, pemadaman listrik dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Bahkan, sebelumnya, di Kamis (5/7/2018), juga terjadi pemadaman listrik yang dimulai sejak pukul 10.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Fenomena “mati lampu” mingguan sudah menjadi rutinitas di Tenggulun. Kecamatan Tenggulun sendiri merupakan daerah yang terletak di pedalaman Aceh Tamiang.

Masyarakat bermukim di Tenggulun, khususnya Dusun Sumberejo, sepertinya menerima dengan lapang dada pemadaman listrik menjadi aktivitas mingguan di kampung mereka. Syahrayati, warga Dusun Sumberejo Tenggulun, mengatakan dirinya sudah terbiasa dengan pemadaman listrik mingguan.

” Ya memang sudah biasa mati lampu di sini. Kami sudah hafal jam-jamnya, paling ya kalau mau mati lampu tampung air banyak-banyak dulu karena kan lama kali mati lampu. Apalagi tidak masuk PDAM di sini, jadi kalau air pasti pakai pompa listik. Kalau mati lampu otomatis tidak ada air kami”, ungkap Syahrayati.

Jika pemadaman listrik terjadi di hari minggu saja, untuk masyarakat mungkin sudah terbiasa menghadapinya. Namun, jika pemadaman terjadi di hari kerja, maka akan timbul permasalahan.

Kecamatan Tenggulun terdapat banyak sekolah. Ada empat sekolah menengah pertama (SMP) dan dua sekolah menengah atas (SMA). Pemadaman yang dilakukan saat hari sekolah tentu akan sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Ditambah lagi, penggunaan media pembelajaran elektronik sudah sangat banyak digunakan oleh tenaga pengajar. Maka sudah seharusnya, pemadaman listrik yang terjadi menahun ini segera diselesaikan oleh pihak terkait.

“Apalagi, jika Tenggulun ingin meningkatkan potensi daerah dalam ekonomi kreatif misalnya. Maka menjadi harapan bersama bahwa pemadaman listrik tidak lagi menjadi masalah utama saat Kecamatan Tenggulun ingin sejajar dengan kecamatan lain di Aceh Tamiang, dalam peningkatan potensi daerahnya,” pungkas dia. ***

Penulis: Inda Pradinda
Editor : Muhammad Haris

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here