Beranda Hukum Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah Ditangkap KPK

Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah Ditangkap KPK

BERBAGI
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf diamankan di Mapolda Aceh. [Foto: Detik.com]

BANDA ACEH – KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua kepala daerah. Kepala daerah yang ditangkap KPK, Gubernur Aceh, diamankan di Polda.

Pantauan detik.com, Gubernur Irwandi berada di dalam salah satu ruangan di Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrisus) Polda Aceh, Rabu (3/6/2018) malam. Irwandi mengenakan kemeja putih dan tampak sesekali tersenyum.

Dari jendela luar kantor Ditreskrimsus, Irwandi terlihat duduk dekat dinding. Tak lama kemudian, tirai jendela ditutup petugas. Belum diketahui Irwandi ditangkap terkait kasus apa.

Berdasarkan informasi, Irwandi ditangkap di Pendopo Gubernur Aceh. Saat ini pendopo juga dijaga ketat oleh petugas Satpol PP. Wartawan tidak diizinkan masuk ke Pendopo.

Dalam penangkapan itu, Irwandi Yusuf ditangkap KPK bersama 9 orang lainnya. KPK mengamankan duit ratusan juta rupiah dari operasi tangkap tangan (OTT).

“Sejumlah uang ratusan juta rupiah diamankan. Diduga merupakan bagian dari realisasi komitmen fee sebelumnya,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam keterangannya, Selasa malam.

Duit ini diduga fee terkait transaksi penyelenggara negara di tingkat provinsi dan kabupaten di Aceh.

Dari informasi yang dihimpun, Gubernur Aceh Irwandi ditangkap bersama Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Ada 8 orang lainnya termasuk non PNS yang ikut ditangkap.

“Sore hingga malam ini KPK melakukan kegiatan penindakan di Aceh dan mengamankan 10 orang, yang terdiri dari dua kepala daerah dan sejumlah pihak non PNS,” ujar Kabiro Humas Febri Diansyah.

Dilansir Tempo.co, Ahmadi ditangkap tim satuan tugas KPK saat menyerahkan uang ratusan juta kepada seseorang di sebuah tempat. Diduga orang itu adalah kepanjangan tangan Irwandi.

“Uang ini sebagai imbalan kepada Gubernur karena sudah mendistribusikan dana otonomi khusus,” ujar sumber itu.

Saat ini, Irwandi dan Ruslan masih menjalani pemeriksaan di Aceh. Begitu juga dengan beberapa orang yang diduga mengetahui dugaan korupsi tersebut. Kabarnya mereka akan dibawa ke Jakarta besok. [Detik/Tempo]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here