Beranda Olahraga Profil Fernando Hierro, Pelatih Baru Timnas Spanyol

Profil Fernando Hierro, Pelatih Baru Timnas Spanyol

BERBAGI
Pelatih baru timnas Spanyol. [Foto: REUTERS]

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) secara resmi menunjuk Fernando Hierro sebagai pengganti Julen Lopetegui untuk melatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Keputusan ini diambil beberapa jam setelah RFEF memecat Lopetegui yang menerima pinangan Real Madrid dua hari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Seperti apa profil Hierro? Pengalaman melatih pelatih berusia 50 tahun itu masih terbilang minim. Dia hanya pernah melatih Real Oviedo pada musim 2017.

Saat menjadi pemain, dia dikenal sebagai salah satu legenda Real Madrid. Dia membela El Real sejak 1989 hingga 2003 dan berhasil meraih banyak trofi.

Selama di Madrid, Hierro berhasil meraih 16 trofi bergengsi di level domestik dan internasional. Di antaranya 3 trofi Liga Champions (1998, 2000 dan 2002).

Dan sejak pensiun sebagai pemain pada 2005, Hierro sempat menepi dari dunia sepakbola. Dia mulai melanjutkan karier sebagai pelatih pada 2014.

Dia sempat menjadi asisten pelatih Real Madrid pada 2014. Dua tahun berselang, dia melatih tim kasta dua Liga Spanyol, Real Oviedo di musim 2017.

Meski prestasinya tidak bagus di Oviedo, namun Hierro dianggap sosok yang tepat menjadi pelatih Timnas Spanyol oleh RFEF. Apa alasannya?

Sebab sejak 27 November 2017, dia menjabat sebagai Direktur Teknik Timnas Spanyol. Sehingga dia dianggap cukup tahu banyak skuat Spanyol yang ada.

“Saya berterima kasih kepada Fernando Hierro karena telah menerima tantangan besar ini,” kata Presiden RFEF, Luis Rubiales seperti dilansir Marca.

“Kami selalu katakan ingin perubahan ini memiliki efek seminimal mungkin. Jadi penggantinya harus seseorang yang sudah mengenal baik para pemain,” katanya. [Viva.co.id]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here