Beranda Nanggroe Selama Mudik Lebaran, Peserta JKN KIS Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan Dimana Saja

Selama Mudik Lebaran, Peserta JKN KIS Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan Dimana Saja

BERBAGI
Kepala BPJS Kesehatan Banda Aceh, Aldiana memberikan keterangan terkait pelayana kesehatan selama mudik lebaran

BANDA ACEH – Selama mudik lebaran, peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dimana saja seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir saat liburan lebaran. Kemudahan itu mulai berlaku H-7 hingga H+8 lebaran atau 7-23 Juni 2018. Pelayanan kesehatan berlaku di rumah sakit mana saja yang ada kerjasama,” kata kepala BPJS Kesehatan cabang Banda Aceh, Aldiana, saat jumpa pers, Senin (04/6/2018).

Aldiana juga menambahkan kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non puskesmas. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan dapat dilayani di IGD rumah sakit setempat.

“Pada keadaan kedaruratan seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penangganan pertama pada peserta JKN KIS. Peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan selama perjalanan mudik tidak dipungut biaya sepersen pun,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, kebijakan tersebut berlaku di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan, yakni untuk memberikan rasa nyaman kepada para peserta JKN- KIS selama menjalani perjalanan mudik lebaran.

“Oleh karena itu para peserta JKN KIS yang sedang mudik selalu membawa kartu JKN-KIS miliknya. Apabila peserta tidak membawanya bisa menggunakan KTP atau Kartu Keluarga,” katanya.

Selain itu, lanjut Aldiana, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang di perlukan, pihak BPJS kesehatan juga telah menyiapkan aplikasi mudik BPJS yang dapat di download gratis di perangkat Android.

“Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, info BPJS Kesehatan serta lokasi-lokasi penting, yang sangat berguna bagi para peserta JKN KIS,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, dr. Warqah Helmi menyebutkan selama libur lebaran sejumlah rumah sakit di Banda Aceh tetap melayani pelayanan kesehatan selama 24 jam.

“Kita sudah siapkan tim siaga di sejumlah puskesmas untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN KIS,” ungkapnya. [Tommy]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here