Beranda Nanggroe Wagub Aceh Minta Agar Tipe Dayah Ditata Kembali

Wagub Aceh Minta Agar Tipe Dayah Ditata Kembali

BERBAGI
Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah (kanan) dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah Elmadny (kiri). [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta agar tipe dayah di Aceh kembali ditata ulang sesuai realitas yang ada di lapangan. Dalam hal ini, Wagub Nova juga meminta Dinas Pendidikan Dayah Aceh segera menyiapkan skema survei yang baik dan benar sehingga mampu menghasilkan tipe dayah secara faktual.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kepada Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah Elmadny saat buka bersama Persatuan Wanita (Badan Kontak Majelis Taklim) Provinsi Aceh bersama 100 anak yatim di Rumah Dinas Blang Padang, Banda Aceh, (2/6/2018).

“Tipe dayah atau database dayah yang tidak akurat akan kenyebabkan terjadinya margin eror disaat perencanaan awal sehingga perlu disiapkan skema survei yang baik dan benar,” ujar Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kepada Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah.

Menanggapi arahan Wagub Nova, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah, menyebutkan pada bulan juli ini segera ditindaklanjuti. Adapun skema survei yang dimaksud adalah merumuskan metodologi dan indikator yang berkeadilan, sehingga diharapkan ke depan database dayah, khususnya penetapan tipe dayah akan sesuai dengan realita lapangan.

Salah satu langkah awal yang akan dilakukan adalah sinkronisasi data tipe dayah antara tipe yang ada di Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan data tipe dayah yang ada di Dinas Pendidikan Dayah Aceh kabupaten/kota.

“Singkronisasi antara Dinas Pendidikan Aceh dengan kabupaten dan kota sangat diperlukan. Tujuannya agar selanjutnya ada kesamaan persepsi antara keduanya,” jelas Usamah.

Lebih lanjut, Kadis Pendidikan Dayah Aceh ini menuturkan, selama ini ditemukan ada perbedaan tipe dayah antara provinsi dan kabupaten/kota. Adapun perbedaan data tersebut salah satunya tidak memiliki titik temu antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota. Untuk memfasilitasinya, tambah Usamah, sinkronisasi data tersebut akan difasilitasi lewat rapat koordinasi (rakor) yang segera digelar dalam waktu dekat.

Dalam pendataan atau survei tipe dayah nantinya, turut melihatkan pemerintah kabupaten/kota melalui dinas dayah kabupaten/kota.

“Terhadap data type dayah saat ini yang centang perenang, kami minta semua pihak bersabar dan.menahan diri. Kita akan lakukan yang terbaik, karena melalui program unggulan Aceh Carong, Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh memiliki komitmen yang tegas dan jelas, yaitu akan melakukan pendataan dan pemberdayaan dayah yang lebih baik,” ujar Usamah. [RILIS]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here