Beranda Infotaiment Saman Gayo dan Rapai Geleng Meriahkan Promosi Wisata Indonesia di Tiongkok

Saman Gayo dan Rapai Geleng Meriahkan Promosi Wisata Indonesia di Tiongkok

BERBAGI
UKM Putroe Phang Unsyiah menampilkan Tari Rapai Geleng di Wuhan, Tiongkok. [Foto: Istimewa]

WUHAN – Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) menggelar event Indonesian Festival dalam bentuk promosi wisata dan pergelaran kesenian di Kota Wuhan, Tiongkok, Senin malam (23/4/2018) waktu setempat. Kegiatan itu turut dimeriahkan oleh Sanggar UKM Putroe Phang Unsyiah yang menampilkan Tari Saman Gayo serta Tarian Rapai Geleng yang berkolaborasi dengan PPIT Wuhan.

“Ini merupakan kegiatan perdana terbesar oleh PPIT Wuhan beberapa tahun terakhir yang mengadakan Festival Nusantara yang bertujuan mempromosikan wisata Indonesian di luar negeri,” kata Mulia Mardi ketua PPIT Wuhan dalam siaran pers yang diterima acehonline.info, Selasa (25/4/2018), di Banda Aceh.

Selain penampilan tarian Aceh, Mulia menjelaskan, sejumlah penampilan menakjubkan lainnya dihadirkan oleh PPIT Wuhan, Yangtze University, serta sejumlah sanggar lainnya dari Indonesia.

“Mereka tampil tarian dari seluruh Indonesia termasuk Jawa, Sumatera, dan Papua. Silat yang merupakan seni bela diri Indonesia juga ditampilkan dalam acara ini dan sangat menegangkan ketika di Tiongkok mempunyai seni bela diri Wushu,” ujarnya.

“Tarian tradisi dan kreasi nusantara Indonesia lainnya juga ditampilkan dalam kegiatan ini, seperti Tari piring dan Tari Sintren” tambahnya.

Mulia menambahkan, ada tiga rangkaian dalam acara Festival Nusantara 2018 ini, yaitu peristiwa holistik yang dimulai dengan bulu tangkis internasional, diikuti oleh pameran Indonesia berupa aksesoris dan membagikan secara gratis makanan Indonesia, serta merchandise bazaar.

“Di area Stand juga ditampilkan Tari Seudati Aceh untuk menghibur para pengunjung,” ujar putra Aceh yang sedang mengenyam pendidikan di Tingkok ini.

Beberapa dari pelajar Indonesia, kata Mulia, mengenakan pakaian adat Indonesian dari berbagai daerah untuk mempromosikan wisata Indonesia.

“Salah satu tugas pelajar yang ada di luar negeri adalah mempromosikan Indonesia dengan sebaik-baiknya. Begitupun kami Pelajar Indonesia di Kota Wuhan mengadakan event ini untuk mempromosikan Indonesia dii mata International,” ujar Mulia.

“Acara bertujuan untuk mensosialisasikan budaya Indonesia serta menarik turis Internasional, khususnya Tiongkok agar bisa langsung mengunjungi Indonesia,” tambahnya. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here