Beranda Nanggroe DPRA Setujui Pemerintah Aceh Hibahkan Lahan Seluas 4,8 Hektare untuk Lanud SIM

DPRA Setujui Pemerintah Aceh Hibahkan Lahan Seluas 4,8 Hektare untuk Lanud SIM

BERBAGI
Rapat Paripurna DPR Aceh. [Foto: Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyetujui pemberian hibah lahan seluas 4,8 hektare dari Pemerintah Aceh kepada TNI-AU Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM).

Ketua Komisi III DPRA, Efendi, dalam sidang paripurna yang digelar Jumat siang (20/4/2018), di Gedung Utama DPR Aceh mengatakan lahan hibah yang berada di kawasan Blang Bintang Aceh Besar itu diperuntukan untuk untuk pembangunan perumahan prajurit TNI AU. Hibah itu dilakukan berdasarkan surat permohonan yang dilayangkan komandan Lanud SIM pada 2015 lalu.

“Pada 2011, Pemerintah Aceh melalui DPKKA telah melakukan pengadaan tanan untuk pembangunan perumahan prajurit TNI AU di Lanud Iskandar Muda. Proses ganti rugi untuk lahan itu, telah dilaksanakan. Namun karena terkendala registrasi (izin) dari Mabes TNI untuk pembangunan perumahan itu, maka hibah lahan itu tidak dapat dilakukan,” ujarnya.

Kemudian, Efendi menjelaskan, pada Oktober 2017, komandan Lanud SIM kembali menyurati DPR Aceh terkait permintaan persetujuan hihab tersebut.

“Kemudian pimpinan DPRA meminta Komisi III DPRA yang membidangi keuangan, aset, dan investasi untuk mengkaji hibah itu sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Setelah melakukan pengkajian, Efendi mengatakan Komisi III prinsipnya tidak menaruh keberatan atas pelepasan hak tanah Pemerintah Aceh kepada Lanud SIM, sepanjang tidak menyalahi kaedah-kaedah hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Dalam paripurna itu, rekomendasi Komisi III DPRA tersebut disetujui oleh sejumlah Anggota DPRA, yang akhirnya ditetapkan dalam surat kepurusan DPR Aceh untuk pemberian hibah lahan kepada Lanud SIM. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here