Beranda Lingkungan Pusaran Eddy Berpeluang Landa Aceh, Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Pusaran Eddy Berpeluang Landa Aceh, Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

BERBAGI
Ilustrasi cuaca buruk. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan fenomena Eddy atau pusaran angin tertutup berpeluang melanda wilayah Aceh pekan ini.

“Eddy pengaruhi cuaca Aceh dalam beberapa hari ke depan di pekan ini,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Senin (9/4/2018).

Analisa BMKG Aceh, kata Zakaria, dari garis angin di sebelah Barat Daya Aceh kini terpantau “low pressure” atau udara bertekanan rendah, yakni berupa pusaran angin tertutup.

Dia menjelaskan, dengan hadirnya Eddy tersebut, maka di atas sebagian wilayah udara di Aceh pada saat ini terjadi belokan arah angin.

“Terjadi sedikit peningkatan pergerakan kecepatan angin di Aceh, terutama Aceh bagian Utara, Selat Malaka bagian Tengah dan Utara. Potensi hujan diperkirakan akan turun, seperti di Aceh Besar bagian Timur dan Selatan. Atau wilayah pegunungan dan lembah Seulawah,” ujarnya.

Lalu, lanjut Zakaria, wilayah Aceh Besar berbatasan dengan Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Aceh Singkil, dan Subulussalam berpotensi hujan.

“Untuk Aceh bagian Utara dan Timur, perlu waspada di sebagian Aceh Utara, Langsa, dan Aceh Tamiang potensi hujan. Cuaca seperti ini dapat berlangsung dua, dan tiga hari ke depan,” ungkapnya. [AntaraAceh]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here