Beranda Nanggroe Kabut Asap Selimuti Banda Aceh, BMKG: Tidak Ada Kebakaran Hutan

Kabut Asap Selimuti Banda Aceh, BMKG: Tidak Ada Kebakaran Hutan

148
BERBAGI

BANDA ACEH – Kabut asap menyelimuti wilayah Banda Aceh dan sekitarnya, Jumat malam (6/4/2018). Kabut itu membuat jarak pandang kabur dan berkurang, yang hanya menjangkau 4 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Innformasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, Zakaria, ketika dikonfirmasi acehonline.info, Jumat malam , mengatakan fenomena kabut asap tersebut hanya terjadi di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Memang daerah ini tadi sekitar Pukul 15.00 WIB, lebih kurang 20 menit diguyur hujan ringan hingga sedang. Sekitar Pukul 15.20 WIB hujan sudah berhenti. Pukul 16.00 WIB, jarak pandang dan kelembapannya masih bagus. Ini menunjukkan bahwa hujan tersebut bukan faktor penyebab terjadinya kabut,” jelasnya.

Analisis BMKG, kata Zakaria, penyebab kabut itu adalah asap. “Karena ada bau menyengat serta mata terasa perih. Tapi bukan asap kebakaran hutan, karena dari citra satelit MODIS Terra dan Aqua tidak terdapat titik panas,” jelas Zakaria.

Zakaria menyimpulkan, kabut asap yang menyelimuti sebagian Aceh Besar dan Banda Aceh itu disebabkan asap pembakaran jerami oleh petani di musim panen. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here