Beranda Olahraga Aqua DNC Aceh 2018 Resmi Bergulir, 47 Tim Perebutkan Tiket ke Final...

Aqua DNC Aceh 2018 Resmi Bergulir, 47 Tim Perebutkan Tiket ke Final Nasional

BERBAGI
Tim peserta final regional Aqua DNC Aceh 2018. [Foto: Reza Gunawan]

BANDA ACEH – Turnamen sepak bola anak usia dini (U-12) Aqua Danone Nations Cup (DNC) Regional Aceh 2018 resmi bergulir. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Musri Idris mewakili Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada Jumat malam (6/5/2018), di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh.

Ketua Panitia Pelaksana Aqua DNC Aceh, M. Ansar, dalam sambutannya mengatakan final regional Aqua DNC Aceh 2018 diikuti 47 tim yagn berasal dari 20 kabupaten/kota di Aceh.

“Tiga daerah yaitu Aceh Jayam Subulussaalam, dan Aceh Singkil tidak mengirimkan perwakilan karena tidak melaksanakan kualifikasi,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksanana Aqua DNC Aceh 2018, Muhammad Ansar. [Foto: Reza Gunawan]
Dalam turnamen ini, Ansar menjelaskan melibatkan 500 lebih atlet muda Aceh yang akan menjadi bibit-bibit muda untuk generasi penerus sepak bola Aceh ke depan.

“Tim-tim ini akan bersaing untuk memperebutkan tiket mewakili Aceh di final nasional Aqua DNC 2018 yang akan berlangsung Juli mendatang di Jakarta,” ujar Ansar.

“Aceh beberapa tahun lalu pernah mewakili Indonesia ke final dunia di Polandia, semoga kali ini Aceh akan kembali juara di tingkat nasional dan mewakili Indonesia di final dunia Aqua DNC 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di Eropa pada September mendatang,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Musri Idris usai membuka kegiatan tersebut mengatakan Pemerintah Aceh menyambut baik digelarnya turnamen sepak bola anak usia dini itu, apalagi Aqua DNC rutin digelar setiap tahunnya.

“Kegiatan ini sejalan dengan program Pak Gubernur Irwandi ‘Aceh Teuga’ yang meningkatkan pembinaan atlet usia dini dan meningkatkan even-even olahraga. Diharapkan melalui even ini akan membuat sepak bola Aceh ke depan akan lebih kuat,” ujarnya.

Pemerintah Aceh melalui Dispora, kata Musri, akan memberikan dukungan penuh bagi sang juara yang akan mewakili Aceh ke tingkat nasional.

“Latian dan persiapan menuju ke final nasional akan kita dukung dan persiapkan dengan matang, agar Aceh dapat menjadi juara nantinya dan mewakili Indonesia ke tingkat dunia,” ujar Musri.

Sementara itu Presiden Aceh United Zaini Yusuf mengatakan kegiatan AQUA DNC diharapkan dapat menghadirkan bibit-bibit unggul untuk atlet sepak bola Aceh.

“Kami juga berencana akan membuat sekolah akademi sepak bola, kehadiran kami di sini, untuk melihat bibit-bibit unggul, yang nantinya dapat dibina agar menjadi pemain yang dapat mengharumkan nama Aceh di masa yang akan datang,” ujarnya.

Peluncuran kembang api pada pembukaan turnamen Aqua DNC Aceh 2018. [Foto: Reza Gunawan]
Penanggungjawab Aqua DNC Indonesia Gabriel Keefe mengatakan tAqua DNC digelar untuk menjadi sebuah wadah bagi anak-anak yang baru mengenal sepak bola agar mendapatkan pertandingan. Di Indonesia untuk pra kualifikasi digelar di 150 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

“Kegiatan ini memberi kesempatan anak-anak Indonesia untuk mewujudkan mimpinya menjadi pemain sepak bola. Fokus kami saat ini hanya untuk anak usia dini, untuk selanjutnya itu merupakan tugas pemerintah melakukan pembinaan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan pemain-pemain sportif dan terbaik untuk Indonesia ke depan.” ujarnya. [Reza Gunawan]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here