Beranda Politik PNA Buka Pendaftaran Bacaleg

PNA Buka Pendaftaran Bacaleg

BERBAGI
Logo Partai Nanggroe Aceh. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Partai Nanggroe Aceh (PNA) membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPR Aceh dan DPR kabupaten/kota se Aceh yang akan diusung pada Pemilu 2019.

“Pendaftaran bakal caleg mulai dibuka hari ini hingga 28 Mei mendatang. Bagi yang berminat, bisa mendaftar Kantor DPW PNA kabupaten/kota maupun DPP PNA di Banda Aceh,” kata Ketua Harian PNA Samsul Bahri di Banda Aceh, Selasa (28/3/2018).

Samsul Bahri menyebutkan, syarat pendaftaran ada dua, yakni syarat umum dan syarat khusus. Syarat umum yaitu ketentuan yang harus dipenuhi bakal caleg sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.

Sedangkan syarat khusus, lanjut Samsul Bahri, merupakan ketentuan yang wajib dipenuhi bakal caleg sesuai peraturan partai. Di antaranya, bakal caleg merupakan anggota PNA satu tahun sebelum pemilihan.

Kemudian, memiliki konstituen atau tim sukses 500 orang untuk bakal caleg DPR Aceh dan 100 orang untuk bakal caleg DPR kabupaten/kota. Tim sukses bakal caleg ini dibuktikan dengan KTP dan akan diverifikasi faktual.

“Verifikasi faktual ini untuk memastikan kebenaran bahwa bakal caleg memiliki basis massa. Tim sukses bakal caleg ini bukan pengurus partai politik atau PNA,” ungkap Samsul Bahri.

Di samping itu, sebut Samsul Bahri, syarat khusus lainnya, memiliki integritas, loyalitas, serta kapasitas. Termasuk memiliki kemampuan finansial sebagai bakal caleg.

“Semua bakal caleg memenuhi persyaratan nantinya akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan tim penguji independen. Termasuk uji tes baca Alquran,” ungkap dia.

Samsul Bahri menyebutkan, aspek penilaian bakal caleg meliputi loyalitas, elektabilitas, kapasitas, serta kontribusi. Dari hasil penilaian tersebut, bakal caleg ditetapkan sebagai caleg yang diusung PNA pada Pemilu 2019 mendatang.

“PNA merupakan partai terbuka. Siapa saja bisa mendaftar sebagai bakal caleg dan ditetapkan sebagai caleg. Karena itu, kami mengajak masyarakat yang ingin menjadi anggota legislatif, bisa mendaftarkan diri bersama PNA,” ujar Samsul Bahri. [AntaraAceh]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here