Beranda Nanggroe Ini Para Kandidat di Pilkada Aceh 2018

Ini Para Kandidat di Pilkada Aceh 2018

BERBAGI

BANDA ACEH – Sejumlah bakal calon pasangan kepala daerah telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh 2018. Di Aceh, pelaksanaan Pilkada 2018 berlangsung di tiga daerah yaitu Pidie Jaya, Aceh Selatan dan Subulussalam.

Informasi yang dihimpun acehonline.info, Senin (15/1/2018), para bakal calon kepala daerah yang mendaftar di Pidie Jaya berjumlah empat pasangan dan di Aceh Selatan berjumlah tujuh pasangan, sedangkan di Subulussalam berjumlah lima pasangan. Pendaftaran kandidat itu berlangsung pada 8 hingga 10 Januari 2018. Pekan lalu, mereka juga telah mengikuti tahapan uji mampu baca Alquran dan tes kesehatan.

Ketua KIP Pidie Jaya, Musman, mengatakan dari empat kandidat bakal calon yang mendaftar ke KIP, dua pasangan maju lewat jalur partai politik dan dua bakal calon maju lewat jalur perseorangan.

Mereka adalah Aiyub Abbas-Said Mulyadi (partai politik), Yusri Yusuf-Saifullah (partai politik), Muhamad Yusuf-Anwar Ishak (perseorangan), serta Muhibuddin Husen-M.Yusuf Ibrahim (perseorangan).

Sementara itu di Aceh Selatan, Komisioner KIP Aceh Selatan, Edi Syahputra mengatakan dari tujuh pasangan bakal calon, tiga pasangan maju lewat jalur partai politik, sedangkan empat pasangan lainnya maju lewat jalur perseorangan.

Para kandidat itu antara lain Teuku Sama Indra-Harmaini (partai politik), Azwir-Amran (partai politik), Mirwan-Zirhan (partai politik). Selanjutnya, Husin Yusuf-Mustafril (perseorangan), Karman-Afdhal Yasin (perseorangan), Darman-Baitul Makmur (perseorangan), serta Zulkarnain-M. Jasa (perseorangan).

Di Subulussalam, Komisioner KIP setempat, Sumardi, mengatakan dari lima kandidat yang mendaftar, empat maju lewat jalur partai politik, sedangkan satu bakal calon maju lewat jalur perseorangan.

Para kandidat yang maju melalui partai politik yaitu Sartina-Dedi Anwar, Asmauddin-Asmidar, Affan Alfian Bintang-Salmaza, dan Anasri-Sabaruddin. Sedangkan kandidat yang maju lewat jalur perseorangan yaitu Jalaluddin-Wagiman.

Berkas pendaftaran para kandidat, akan dilakukan verifikasi hingga 16 Januari 2017, yang akan diumumkan hasilnya pada 17-18 Januari 2018. Sedangkan untuk penetapan calon akan dilakukan pada 12 Februari 2018 dan untuk pengambilan nomor urut berlangsung pada 13 Februari 2018.

Para kandidat yang telah ditetapkan sebagai pasangan calon akan menyampaikan visi-misi di paripurna di DPRK setempat pada 15 Februari 2018. Penyampaian visi-misi itu menjadi hari partama kampanye para kandidat yang akan berlangsung hingga 23 Juni 2018. Sedangkan minggu tenang pada 24-26 Juni 2018 dan hari pemilihan berlangsung pada 27 Juni 2018.

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here