Beranda Nanggroe Pemerintah Kabupaten/kota Diminta Tertib Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Pemerintah Kabupaten/kota Diminta Tertib Membayar Iuran BPJS Kesehatan

129
0
BERBAGI
Ist

BANDA ACEH – Asisten II Setda Aceh, Taqwallah meminta agar pemerintah di Kabupaten/kota di Aceh tertib dalam membayar iuran kepesertaan BPJS Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Taqwallah saat membuka kegiatan forum kemitraan pemangku kepentingan utama dan rekonsiliasi iuran PNS/Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan wilayah Sumut dan Aceh, di Banda Aceh, Kamis (21/12/2017).

“Hal ini untuk keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS),” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau setiap rumah sakit di Kabupaten/kota di Aceh segera bentuk pos terpadu yang menanggani keluhan masyakat dan membantu mengurus administrasi bagi masyarakat saat mengakssesk pelayanan dirumah sakit.

“Pos terpadu ini sangat penting terutama dalam melayani masyarakat dalam pengurusa administrasi,” kata Taqwallah.

Sementara itu, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumut dan Aceh, Budi Moh. Arif, menyampaikan selain masih adanya Piutang Iuran Wajib Pemda Kab/Kota di Aceh sejak tahun 2004 hingga 2017 juga belum berjalannya pelaksanaan sanksi administratif oleh intansi terkait kepada Badan Usaha yang tidak mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Kesehatan sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Program JKN-KIS dan program JKA adalah program bersama, karena program bersama kita wajib mendukung sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing, dalam hal ini Pemda diharapkan mensupport program ini dengan cara membayar Iuran Wajib Pemda secara rutin dan tepat waktu,” katanya.

Budi juga menambahkan, pemerintah kabupaten kota dapat mengembangkan kualitas pelayanan di rumah sakit dan di fasilitas kesehatan primer seperti Puskesmas.Dapat menyediakan sumber daya yang memadai sesuai dengan jumlah kepersertaan JKN-KIS di wilayahnya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut pihaknnya juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Aceh berupa tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Aceh melalui program JKA.

“Program JKA bukti perhatian pemerintah Aceh kepada masyarakatnya. Program yang telah digagas diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Aceh menjadi lebih baik,” ungkapnya. [Tomy]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here