Selasa, 17-Oktober-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Nanggroe | 13/10/2017
Aceh Media
BLANG PIDIE - Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, meluncurkan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Bate, Abdya, Senin (18/9).

Wabup Abdya menyebutkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Aceh, akan tetapi dilakukan seluruh Indonesia, termasuk di Abdya. "Program KB ini bukan tidak boleh beranak atau membunuh anak, akan tetapi untuk mengatur angka kelahiran. Ini adalah program yang baik," katanya.
 
Kata Muslizar, sebagai pilot project, nantinya di Gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee ini akan dikembangkan program-program Kependudukan dan Kesehatan yang dilaksanakan secara bersama-sama secara lintas sektoral oleh Pemeritah Abdya bekerjasama dengan TNI dengan kegiatannya Manunggal KB-Kes, dan juga masyarakat setempat yang bertujuan untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

Diantara program yang akan dilaksanakan adalah Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, dan Bina Keluarga Lansia, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Pemantapan Posyandu terintegrasi dan lain sebagainya.

Dalam jangka waktu tertentu kata Muslizar, program-program tersebut diharapkan mampu mendorong hidup warga gampong ini menjadi lebih baik, dengan begitu kita akan bisa membangun keluarga harmonis dan sejahtera, dengan sistem pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di masa depan.

Ia menghimbau aparatur dan warga Gampong ini agar dapat menjalin koordinasi yang baik dalam menjalankan program yang dirancang bersama, sehingga program kependudukan di Gampong ini dapat kita tularkan kepada Gampong-Gampong lain di seluruh        Aceh Barat Daya. "Dengan ini kita harapkan menjadi contoh untuk gampong lain bahkan menjadi contoh ditingkat Provinsi," harapnya.

Wabup juga meminta kepada para Camat yang tersebar di Abdya agar dapat mensosialisasikan program Gampong Madani Kencana di Gampong masing-masing sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440 tanggal 11 Januari 2016 perihal Pencanangan Kampung KB. Dengan demikian, semangat Keluarga Berencana akan bisa bergema dari Gampong-Gampong di daerah yang berjulukan Breuh Sigupai ini.

"Untuk Abdya sangat diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi karena Abdya salah satu Kabupaten yang berhasil menjalankan program KB. buktinya tahun 2016 sebanyak 6 SD ditutup akibat tidak ada murid," katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Aceh, M. Yani, M.Kes. PKK yang diwakili oleh Kabid Pelatihan dan Pengembangan, Saflawi MM menyebutkan, untuk Abdya ini pada tahun 2016 telah dibentuk di gampong Sejahtera Kecamatan Manggeng.

"Tahun 2017 ini kita harapkan setiap kecamatam harus ada 1 kampung KB. Sehingga dengan terbentuknya kampung KB ini terarah sehingga masyarakat lebih berkualitas," harapnya.

Saflawi menyebutkan, BKKBN tidak bisa berjalan sendiri, apabila tidak bergandengan dengan semua elemen. Menurutnya, Kampung KB Madani Kencana merupakan implementasi operasional pengendalian penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak guna menuju terbentuknya keluarga kecil yang berkualitas dan mandiri.

"Melalui pembangunan terintegrasi lintas sektor di pedesaan kita wujudkan percepatan pembangunan program KKBPK keluarga besar berkualitas tumpuan masa depan bangsa," katanya.

Diakhir kegiatan peresmian pencanangan kampung KB madani ini, Wabup dan Dandim 0110 Abdya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut memberikan vaksin kepada dua bayi. [Baihaqi Jbir]

Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info