Rabu, 20-09-2017
Follow Us:
Marzuki
Nanggroe | 23/08/2017
Aceh Media
SIGLI - Tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Pidie membuat pemerintah daerah setempat membutuhkan sekitar 10 ribu rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu atau dhuafa. Sedangkan tahun anggaran 2017 ini hanya terakomodir sekitar 294 unit saja.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman Pidie, Razali kepada wartawan di Sigli, Selasa (22/8/2017). 

Katanya, saat ini kebutuhan rumah sehat sederhana bagi kaum dhuafa di Pidie cukup tinggi. Namun Pemerintah daerah hanya mampu mengakomodir sekitar 109 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) 2017, 

Sedangkan selebihnya dari APBA sebanyak 150 unit dan sisanya sekitar 35 unit dibangun melalui dana aspirasi anggota legislatif setempat.

Lanjut Razali, untuk mencapai tepat sasaran, pihaknya melakukan verifikasi seakurat mungkin, melalui pendataan langsung kepada pihak penerima manfaat, sehingga rumah dhuafa tersebut benar-benar dapat dinikmati oleh mereka yang membutuhkan.

"Untuk keakuratan data kami bersama tim meninjau langsung ke lokasi dan pihak keluarga penerima, Dengan demikian penerima manfaat tepat sasaran," katanya.

Dijelaskan Razali, pembangunan rumah dhuafa tipe 36 di Pidie sebanyak 294 unit yang dilaksanakan tahun ini, belum mampu memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu. 

Namun karena keterbatasan anggaran terpaksa Pemkab Pidie membangun sesuai dengan ketersediaan anggaran, meski masih banyak yang belum terealisasi, nantinya akan dibangun secara bertahap hingga mencapai 10 ribu unit.

Namun Razali tidak menjelaskan kapan sasaran rumah dhuafa terealisasi seluruhnya, tetapi dia mengisyaratkan kemungkinan lima tahun ke depan, melalui sumber dana dari APBK maupun APBA. 

Jika dimungkinkan pihak desa juga bisa menganggarkan dana untuk membantu percepatan pembangunan rumah dhuafa tersebut.

"Untuk percepatan pembangunan rumah dhuafa , pihak Desa juga bisa ,menganggarkan anggaran desa untuk kebutuhan pembangunan rumah dhuafa. sehingga kebutuhan rumah dhuafa bagi masyarakat kurang mampu di Pidie akan cepat terealisasi seluruhnya," ungkapnya. [Marzuki]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info