Kamis, 17-08-2017
Follow Us:
Rilis
Politik | 08/08/2017
Aceh Media
PIDIE JAYA - Tanaman padi seluas 8 hektar di gampong Tampui dan Panton Raya, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, kini mengalami kekeringan dan terancam gagal panen, hal ini akibat dari kemarau panjang yang membuat debit air Krueng (sungai) Meureudu dan Bendungan Irigasi Cubo menyusut.

Menyikapi keprihatinan masyarakat di kedua gampong itu, Kolonel Arm Saifullah, putra kelahiran Tringgadeng yang besar di Paru Keude, Leung Putu ikut turun tangan melakukan penyelamatan terhadap tanaman padi milik masyarakat dari ancaman gagal panen dengan menyumbangkan satu unit Pompa Air Irigasi Niagara 6 inchi guna mengurangi kerugian yang lebih besar.

"Akibat tidak tersedianya air pada saluran irigasi membuat ribuan hektar lahan sawah masyarakat di Pidie Jaya mengalami kekeringan dan terancam gagal panen. Disamping karena kemarau panjang, debit air Krueng Meureudu pun mengalami penyusutan dari 7.000 liter per detik menjadi 1.500 liter perdetik," kata Kolonel Saifullah di Triengadeng, Senin, 7 Agustus 2017.

Menurut Bakal Calon Wakil Bupati Pidie Jaya ini, biasanya debit air Krueng Meureudu dan Bendungan Irigasi Cubo tidak menyusut terlalu jauh walaupun dimusim kemarau. 

"Supaya petani tak mengalami kerugian yang lebih besar karena ancaman gagal panen, maka solusi jangka pendeknya adalah dengan cara memompa air sungai yang dakal itu ke irigasi sawah lewat pompa air irigasi. Mudah-mudahan padi milik masyarakat dapat kita selamatkan," ujar Saifullah yang pada bulan Oktober 2017 nanti akan segera memasuki masa pensiunnya di Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh untuk kembali mengabdi ke tanah kelahirannya Pidie Jaya.

Dilaporkan, akibat kemarau panjang ratusan hektar sawah di Kabupaten Pidie Jaya mengalami kekeringan, sebahagian petani mengandalkan sumur bor yang digali di sawah untuk memompa air ke tanaman padi yang rata-rata hampir panen. Sementara petani yang tak memiliki dana untuk menggali sumur bor dan membeli mesin pompa air hanya bisa pasrah melihat tanaman padinya kekeringan. [Rilis]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info