Kamis, 17-08-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Nanggroe | 06/08/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Nofrijal, SP, MA, meminta tenaga penyuluh KKBPK untuk memprioritas kerjanya di wilayah Kampung KB.

"Prioritas kerja di Kampung KB, karena Kampung KB sudah menjadi program pemerintah pusat dan menjadi tolak ukur keberhasilan penyuluh KKBPK diwilayah kerja," sebutnya.

Hal itu dikatakan pada acara pembukaan Penyelenggaraan Ujian Kompetensi melalui Sertifikasi bagi Penyuluh KKBPK, di Banda Aceh, Minggu (6/8/2017).

Ujian Kompetensi itu dilakukan selama lima hari mulai tanggal 7 Agustus hingga 12 Agustus yang akan diikuti sebanyak 584 Penyuluh KKBPK dari 22 kabupaten/kota di Aceh.

Kata ia, keberhasilan program KB di Kampung KB menunjukkan penyuluh bekerja dengan baik, namun jika terjadi sebaliknya, maka dapat diketahui penyuluh tidak bekerja dan ini menjadi catatan tersendiri bagi pemerintah.

Selain itu, kata Nofrijal, penyuluh KKBPK harus cepat belajar menguasai teknologi, karena saat ini semua pekerjaan penyuluh harus dilaporkan ke pusat melalui hp pintar yang nantinya akan diberikan bagi penyuluh.

"Semua ketahuan. Mana penyuluh yang bekerja, mana yang tidak. Apalagi, penyuluh KKBPK sudah beralih pengelolaan ke pusat," sebutnya.

Untuk itu, Nofrijal menekankan penyuluh untuk bekerja sesuai tugas yang diberikan dan ada tiga tugas besar yang mesti dikerjakan.

Pertama, operasional dasar terkait penyediaan data di wilayah kerja, kemudian lakukan promosi dan penyampaikan KB secara terus dan perkuat kemitraan, lobi dengan mengajak masyarakat agar tertarik dengan program BKKBN. [Baihaqi Jbir]

Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info