Jumat, 20-Oktober-2017
Follow Us:
Rilis
Nanggroe | 03/08/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - IDEA Aceh sebagai komunitas pendidikan di Aceh merilis peringkat Perguruan Tinggi di Aceh, namun kali ini berdasarkan permintaan berbagai pihak, pemeringkatan dikeluarkan dalam berbagai versi tergantung sumber pemeringkatan yang diacu.

Pada pemeringkatan bulan Agustus 2017 ini, IDEA merilis pemeringkatan dari versi Akreditasi Perguruan Tinggi yang dikeluarkan oleh BAN PT, versi Webometric dan Versi 4ICU.

Tiga versi tersebut memiliki parameter berbeda dalam menilai sebuah perguruan tinggi, walaupun tidak bisa dijadikan acuan utama, namun peringkat berikut dapat dijadikan acuan awal popularitas dan keseriusan Perguruan Tinggi dalam memanfaatkan sumberdaya untuk mahasiswa dan elemen kampus lainnya.

Pemeringkatan Akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN PT merupakan hasil resmi dari visitasi lembaga akreditasi pemerintah kepada berbagai perguruan tinggi di Aceh.

Sampai saat ini baru 26 Perguruan Tinggi di Aceh yang terakreditas secara institusi.

Dari 26 PTN/PTS tersebut, hanya Unsyiah yang memiliki akreditas A dan 5 PTN/PTS yang meraih akreditas B, yakni Universitas Malikusaleh (Unimal), Politeknik Aceh, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), IAIN Al Muslim dan UIN Ar-Raniry, selebihnya PTS/PTN hanya meraih akreditasi C.

Sementara pada aktifitasnya di dunia maya, IDEA juga merilis dua versi pemeringkatan PTN/PTS di Aceh yang mengacu pada aktifitas PTN/PTS di internet yang dilakukan oleh civitas akademinya.

Program Manager IDEA, Jurnalis J Hius menuturkan tujuan sistem rangking ini adalah untuk menyediakan informasi yang handal, akurat, multidimensi dan berguna kepada masyarakat tentang kinerja perguruan tinggi di Aceh berdasarkan kehadiran dan dampaknya di dunia maya.

Webometric adalah salahsatu acuan terhadap aktifitas kepopuleran websites PTN/PTS yang didaftarkan secara resmi dan terindeks oleh Google. Untuk periode Juli 2017 ini, IDEA merilis peringkat untuk 24 PTN/PTS di Aceh.

Sementara pemeringkatan oleh 4 Internal Colleges & Universities (4ICU) lebih memfokuskan diri pada PTN/PTS level sarjana pada websites resminya.

Berbeda dengan BAN PT, penilaian Webometric dan 4ICU lebih terbuka. Pihak PTN/PTS dapat mengetahui parameter penilaian serta nilai yang didapatkan dan dapat diupdate setiap hari untuk dinilai per enam bulan sekali.

Di tahun 2017, kesadaran PTN dan PTS di Aceh terhadap aktifitas di dunia maya sudah banyak meningkat.

Hal ini dikarenakan semakin mudahnya teknologi internet yang dimanfaatkan PTN/PTS untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang pengumuman, promosi dan marketing serta informasi penting lainnya kepada calon mahasiswa dan mahasiswanya.

Jurnalis menambahkan, dimasa mendatang websites resmi PTN/PTS akan memiliki nilai penting sebagai media komunikasi publik, saluran pembelajaran jarak jauh, forum terbuka untuk berinteraksi dengan komunitas dan masyarakat, sekaligus merupakan etalase universitas untuk menarik orang-orang berbakat, meraih pendanaan dan sumber daya external.

"Bagus tidaknya sebuah PTN/PTS memang tidak bisa ditentukan dari peringkat diatas saja, karena penilaian sebuah kampus sangat subjektif tergantung siapa yang menilai dan apa yang dinilai, namun dengan data diatas kita harapkan dapat menjadi acuan calon mahasiswa untuk menentukan kampus mana yang akan dimasukin di tahun ajaran baru 2017/2018 ini," kata Jurnalis JH. [Rilis]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info