Kamis, 27-Juli-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Tekno | 13/07/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - Pemeriksaan kehamilan selama kehamilan minimal 4 kali, di Puskesmas, rumah sakit atau pada dokter spesialis, sangat dianjurkan bagi ibu hamil, hal ini penting untuk upaya deteksi awal apakah ibu hamil dan janin sehat atau tidak.

Menurut Dr. H. Mohd. Andalas, SpOG, FMAS, pemeriksaan bertujuan melihat posisi janin dan letak plasenta atau ari bayi dan berikutnya adalah merencanakan proses kelahiran dari ibu tersebut apakah boleh di Puskesmas atau Rumah sakit.

"Saat pemeriksaan di dokter dilakukan periksa tambahan menggunakan alat USG (Ultrasonografi), jika ibu hamil saat usia kehamilan 24 sampai 28 minggu adalah  waktu tepat untuk melihat wajah janin dan anatomi tubuh lainnya, karena saat itu ketuban masih banyak," ujarnya.

Janin juga belum besar, sehingga dengan mudah kita melihat wajah janin tersebut , mulai hidung, dagu, dahi, dilanjutkan dengan pemeriksaan struktur anatomi punggung bayi dan alat ektremitas atau tangan dan kaki, juga kelaminnya.

Pemeriksaan menggunakan USG 3 atau 4 dimensi sebenarnya bukan sebuah keharusan, hanya sebagai periksa tambahan dan telah banyak dilakukan para ibu hamil, mungkin ini merupakan dampak positif perkembangan teknologi.

Hal sebenarnya yang dipentingkan adalah penggunaan USG untuk melihat adakah kelainan bawaan dan presentasi plasenta yang berdampak pada tumbuh kembang dan komplikasi saat melahirkan.

Tetapi pengalaman di kamar praktek kadang keluarga merasa tidak puas bila tidak melihat wajah generasi penerusnya. Karena itu bagi keluarga yang ingin melihat ini dianjurkan periksa kedokter saat usia kehamilan 6 atau 7 bulan.

Sedangkan untuk melihat adanya kelainan bawaaan dan tumbuh kembang bayi saat usia hamil 4 bulan.

Untuk melihat letak janin dan plasenta saat usia hamil 8 bulan, sampai saat ini pemeriksaan USG selama kehamilan disarankan minimal 3 kali selama masa kehamilan yakni 3-4 bulan pertama, 28-32 minggu dan diakhir masa kehamilan. [Baihaqi Jbir]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info