Kamis, 27-Juli-2017
Follow Us:
Inilah.com
Olahraga | 06/07/2017
Aceh Media
JAKARTA - Federasi Sepakbola Asia (AFC) menobatkan penyerang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, sebagai ikon sepakbola Asia.

AFC menilai Bambang memiliki kontribusi besar bagi timnas Indonesia baik di kancah Asia Tenggara hingga Asia. Selama 14 tahun beseragam Merah Putih, pemain yang akrab disapa Bepe itu mencetak 38 gol dari 86 penampilannya di ajang internasional.

"Bambang Pamungkas bermain dan mencetak gol paling banyak daripada pemain-pemain Indonesia lainnya di level tim nasional," demikian isi tulisan di laman AFC.

AFC menyoroti perjalanan karir pemain yang dibesarkan di Diklat Sepakbola Salatiga tersebut. Di musim perdana berkiprah di Liga Indonesia (1999-2000), Bepe yang saat itu masih berusia 20 tahun secara mengejutkan menjadi pencetak gol terbanyak.

Bepe yang kini berusia 37 tahun tercatat sebagai salah satu pemain dengan jumlah gol terbanyak di gelaran Piala AFF. Dengan 12 gol, ia menyamai torehan terbanyak kelima legenda Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Dengan pencapaiannya tersebut, Bepe sempat dipercaya menjadi pembawa obor api Olimpiade 2012 London karena ketokohannya di dunia sepakbola Indonesia.
Selain itu, AFC juga menyoroti sepak terjang Bambang Pamungkas di level klub dimana ia pernah merasakan persaingan diluar Indonesia bersama klub Malaysia, Selangor.

Selama dua musim merantau di Negeri Jiran, Bepe mencetak 63 gol termasuk 23 gol dalam 24 penampilan yang menjadikannya topskorer Liga Malaysia. Sedangkan sepanjang kariernya membela klub-klub Indonesia, Bepe sudah mengemas sebanyak 158 gol. [Inilah.com]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info