Kamis, 17-08-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Nanggroe | 16/06/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - Waskita Karya, BUMN yang mengerjakan pembangunan payung elektrik di Mesjid Raya Baiturahman dalam waktu dekat ini akan melatih beberapa tenaga teknis untuk mengontrol payung.

"Ada beberapa tenaga yang kita latih terutama untuk mengontrol buka tutup payung elektrik," kata Munir Muslih, Kepala Proyek Baitulrahman, Banda Aceh, Jumat (16/6/2017).

Selain itu, pihaknya juga melatih tenaga untuk menjaga pompa dan perawatan marmer, sebab tanpa tenaga terampil, maka pekerjaan sulit dilaksanakan.

Ia mencontohkan, pompa air dari tempat wudhu yang berada di basement yang berada dibawah permukaan sungai akan sulit dibuka jika tidak dikontrol setiap saat.

Diperparah lagi kebiasaan masyarakat membuang putung rokok dalam saringan yang dapat menghambat air keluar dari tempat wudhu. "Mari kita jaga sama-sama mesjid kebangaan masyarakat Aceh," ajaknya.

Untuk tenaga teknis payung, ia mengatakan kontrol secara elektrik akan ditempatkan di dalam menara sehingga dapat melihat utuh saat terbuka maupun tertutup.

Terkait persoalan payung yang putusnya tali pengikat payung elektrik beberapa hari lalu, ia mengatakan insiden itu terjadi saat penyetelan dan mempaskan posisi payung.

"Saat penyetelan, tiba-tiba angin berhembus yang mengakibat beberapa bagian tiang mengalami getaran sehingga payung tidak dapat berkembang," katanya. [Baihaqi Jbir]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info