Jumat, 20-Oktober-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Nanggroe | 13/06/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - Dewan Pembina Baitul Mal Aceh Besar, Drs. Salahuddin, M.PD, secara simbolis menyerahkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari zakat tahun 2016 di Masjid Tgk. Chik Mahraja Gurah, Kecamatan Peukab Bada, Aceh Besar, Selasa (13/6/2017).

BLT Baitul Mal Aceh Besar tersebut tahun ini direncanakan akan diterima oleh 21.000 orang miskin dari 17 kecamatan dari 23 kecamatan di Aceh Besar.

Sementara itu, 6 kecamatan akan disalurkan Baitul Mal Aceh yaitu Kecamatan Jantho, Kuta Malaka, Suka Makmur, Darul Kamal, Simpang Tiga dan Blang Bintang.

Dalam kesempatan itu, Salahuddin mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama orang kaya lebih peduli terhadap nasib kaum fakir, miskin, dan anak yatim.

Dengan mengeluarkan zakat melalui Baitul Mal, maka ke depan diharapkan masyarakat yang berhak menerima zakat akan lebih merasakan manfaatnya, apalagi seperti saat ini menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Selama ini, pengumpulan zakat di Baitul Mal Aceh Besar hampir 85 persen berasal dari kalangan PNS, dan selebihnya merupakan zakat dari masyarakat lainnya.

"Kita selalu mengajak para dermawan dan orang kaya, agar senantiasa menyalurkan zakat mereka melalui lembaga Baitul Mal," ujar Salahuddin, yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Aceh Besar, Drh. Daniwaldi, menjelaskan, penyaluran zakat untuk senif miskin bantuan langsung tunai Baitul Mal Aceh Besar tahun 2017 berlangsung selama tiga hari sejak 13 hingga 15 Juni 2017.

Tahun 2016, Baitul Mal Aceh Besar dapat mengumpulkan zakat sebesar 17.632.609.386.000 dan infaq sebesar 550 juta.

Daniwaldi menambahkan, zakat sangat membantu seluruh elemen masyarakat miskin, pembangunan daerah, dan ikut andil dalam pengembangan masyarakat madani sesuai dengan petunjuk-petunjuk dalam Al-quran dan Hadist untuk terus berusaha agar masyarakat terus sadar akan pentingnya zakat dan membantu orang lain.

"Kita berharap, semoga penyaluran zakat yang dilakukan Baitul Mal Aceh Besar ini bermanfaat bagi para mustahik/penerima zakat," harapnya. [Baihaqi Jbir]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info