Kamis, 17-08-2017
Follow Us:
A Rizky
Nanggroe | 14/05/2017
Aceh Media
TAKENGON - Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0106/Ateng menerima kegiatan sosialisasi IVA sekaligus pemeriksaan deteksi dini terhadap kanker leher rahim atau serviks.

Pemeriksaan dini itu dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah yang di pimpin oleh Dra. Vira Milya, bertempat di aula Makodim Aceh Tengah.

Ketua tim Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Dra. Vira Milya mengatakan bahwa sosialisasi IVA ini sebagai respon terhadap bentuk pencegahan dini bagi para ibu agar selalu waspada terhadap kanker leher rahim atau serviks yang merupakan pembunuh nomor satu kaum perempuan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai kanker serviks.

"Pemeriksaan IVA akan terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksanakan diri. Karena dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal, jika penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat,” katany.

Ia juga menjelaskan, IVA merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.

"Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screaning alternatife dari pup smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan," terangnya. [A Rizky]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info