Kamis, 17-08-2017
Follow Us:
Baihaqi Jbir
Nanggroe | 08/06/2017
Aceh Media
BANDA ACEH - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh secara resmi mencanangkan Batumbulan Sepakat, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh sebagai Kampung KB.

Pencanangan berlangsung pada Senin (5/6/2017), oleh bupati yang diwakili Asisten III Setdakab, Drs. Sahidal Kastri, didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, DR. dr. M Yani, M.Kes, PKK.

Hadir pada acara tersebut Kabid ADPIN, Faridah, SE, MM, Kasubbid Advokasi dan KIE, Bahri Asnawi, SE, Kasubbid Hubalila, Ir. M. Hasanji, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Agara, Sudirman S.Pd, M.Pd, dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana dan para kader.

Asisten III Setdakab, Sahidal Kastri menyebutkan, Kabupaten Aceh Tenggara memiliki kepentingan khusus terhadap program KB. Melihat luas wilayah tersebut mencapai 426.000 km2 dengan 38 persen hutan lindung, sedangkan 13 persen luas wilayahnya sebagai tempat tinggal, perkantoran dan tempat usaha.

"Jika pengendalian penduduk tidak dilakukan sesuai kearifan lokal, maka akan menimbulkan efek-efek yang tidak diinginkan. Akan menimbulkan ragam masalah, mengingat ini sangat penting sehingga dibentuk BKKBD, tidak bercampur dengan dinas lain, berdiri sendiri," jelas Sahidal.

Mengenai pencanangan Kampung KB di tingkat kecamatan, Sahidal mengatakan, pada Maret tahun lalu di Kecamatan Lawe Sigala-gala telah dicanangkan Kampung KB tingkat kabupaten.

"Hari ini pencanangan di tingkat kecamatan, di Agara ada 16 kecamatan, semua di kecamatan ini akan dicanangkan satu desa satu Kampung KB dan Juni ini ada lima desa yang akan dicanangkan Kute KB," ujarnya

Namun ia berharap Kampung KB jangan hanya tinggal nama, tetapi dijadikan tempat pelayanan keluarga secara menyeluruh yang terintegrasi antar lintas sektor.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, M Yani mengatakan, jika tahun 2016 ada 23 kabupaten/kota sudah dicanangkan jadi Kampung KB, tahun ini di Aceh sudah mulai dicanangkan Kampung KB di setiap kecamatan.

"Hari ini pencanangan dimulai di Desa Batumbulan, Kecamatan Subulussalam, Kabupaten Aceh Tenggara,"ujarnya.

Menurutnya, di kabupaten tersebut ada 16 kecamatan dan untuk Juni ini ada lima desa di lima kecamatan yang akan dicanangkan Kampung KB.

Empat desa lagi yang akan dicanangkan dalam Juni ini yaitu Desa Tarutung Kecamatan Darul Hasanah, Desa Kubu Kecamatan Lawe Alas, Desa Sepakat Segenap Kecamatan Semadam, dan Desa Muara Setulen Kecamatan Babul Makmur.

"Tujuan dari pembentukan Kampung KB tidak lain untuk memajukan masyarakat khususnya masyarakat Batumbulan Sepakat. Kampung KB merupakan program kerja Presiden Jokowi," kata M Yani. [Baihaqi Jbir]


Anda Pengunjung: Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info