Jumat, 20-Oktober-2017
Follow Us:
Marzuki
Ekonomi | 03/05/2017
Aceh Media
SIGLI - Pedagang Pasar Berenuen mendesak Pemkab Pidie segera memfungsikan pasar rakyat yang telah usai dibangun yang menelan biaya Rp4,7 Miliar bersumber APBN tahun 2015.

Sejumlah pedagang Pasar Berenuen kini mengeluh, mereka meminta Pemkab Pidie melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah segera memfungsikan pasar tersebut, mengingat tempat itu merupakan pasar sentral kawasan timur Pidie, selain pusat pasar Kota Sigli di kawasan barat.

Abdullah pedagang Pasar Berenuen, Jumat (28/4/2017), mengatakan, selama ini mereka terpaksa berjualan di emperan toko dengan kondisi yang tidak layak. Bahkan sering kehujanan dan diterpa terik matahari, sehingga aktivitas perdagangan terganggu.

"Kami pedagang kecil sangat berharap pasar rakyat yang telah usai dibangun dapat segera difungsikan, agar kami bisa berjualan dengan tenang dan tanpa kendala cuaca," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Disperndag UKM Pidie Idham membenarkan jika pasar rakyat di Berenuen yang dibangun sejak tahun 2015 lalu bersumber dari dana APBN telah selesai dan telah diserahterimakan dari Kementerian Perdagangan kepada Disperindag UKM Pidie pada awal Januari lalu.

Pasar rakyat tersebut, kata Idham, sebelum diserahterimakan kepada Pemkab Pidie, kondisi pasar tersebut sejumlah fasilitasnya ada telah rusak, seperti sebagian plafon, lantai, sehingga perlu dilakukan perbaikan.

"Sesuai rencana, pasar tersebut akan difungsikan pada akhir Desember ini, karena ada sejumlah fasilitas pendukung perlu disiapkan seperti aliran listrik dan air bersih dan fasilitas sanitasi," katanya.

Lanjut Idham, untuk merealisasi fasilitas pendukung tersebut, pihaknya kini telah mengusulkan anggaran yang bersumber dari APBK Pidie 2017 sejumlah Rp 600 Juta, dan akan segera dikerjakan

"Disperindag UKM Pidie telah mengusulkan anggaran pendukung untuk melengkapi sejumlah fasilitas pendukung di pasar rakyat Berenuen,├┐dan segera akan dikerjakan. Akhir tahun ini diharapkan akan rampung dan pasar tersebut segera difungsikan, agar pedagang di Berenuen dapat menempatinya," ujarnya. [Marzuki]


Anda Pengunjung:
Alamat Redaksi: Jalan Sultan Iskandar Muda 3A Banda Aceh, Provinsi Aceh :: Email: redaksi@acehonline.info