Beranda Ekonomi Unsyiah Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Melinjo

Unsyiah Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Melinjo

BERBAGI
Produk olahan dari melinjo hasil pelatihan program pengabdian kepada masyarakat berbasis produk (PKMBP). Foto Ist

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, menggelar pelatihan diversifikasi produk berbahan baku melinjo serta pemasaran melalui online atau internet marketing.

Ketua Tim Pelatihan Dewi Sri Jayanti yang juga dosen Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian dalam keterangan tertulisnya diterima Aceh Online di Banda Aceh, Rabu (7/8/2019), mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat berbasis produk (PKMBP)

“Pelatihan ini didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LPPM Tahun 2019 dengan mengusung tema pengembangan teknologi pengolahan produk berbahan baku melinjo sebagai produk unggulan daerah dan aplikasi pemasaran berbasis internet marketing dalam upaya pemberdayaan kelompok masyarakat,” kata Dewi Sri Jayanti.

Selain Dewi Sri Jayanti, pelatihan turut melibatkan dosen Universitas Syiah Kuala lainnya yakni Rajibussalim dari Jurusan Fisika dan Yuliani Aisyah dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

Pelatihan pengolahan produk berbahan baku melinjo (diversifikasi melinjo) dan pemasaran berbasis internet marketing berlangsung di Gampong Lamceu, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar Kamis (1/8/2019). Pelatihan diikuti kelompok usaha, masyarakat, aparatur desa, dan mahasiswa Unsyiah.

Dewi Sri Jayanti menyebutkan, pelatihan didesain dengan tujuan untuk mendorong dan memotivasi kelompok masyarakat agar berani dan mencoba terjun merintis bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai jalur pemasarannya.

Selain itu juga dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan sebuah produk inovasi baru yang merupakan produk khas dan berbasis kearifan lokal yang memiliki nilai kompetitif di pasar domestik.

Dalam pelatihan tersebut, tim pengabdian Unsyiah mempraktikkan cara pengolahan produk berbahan baku melinjo meliputi produk kue kering kastengel melinjo, kue kering melinjo renyah, dan lainnya.

“Kelompok masyarakat diperkenalkan strategi dan teknis dalam memasarkan produknya. Peserta juga dibina untuk mendesain tampilan website, search engine optimization, serta media sosial,” demikian Dewi Sri Jayanti. ***

Sumber Berita : Dewi Sri Jayanti
News Editor : Rizki Auli
a

BERBAGI