Home Nanggroe Optimalkan Program JKN KIS, BPJS Kesehatan Gelar Sarasehan Dengan PWRI

Optimalkan Program JKN KIS, BPJS Kesehatan Gelar Sarasehan Dengan PWRI

SHARE

BANDA ACEH – Guna peningkatan pengetahuan masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengunjungi organisasi Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) di Banda Aceh, Rabu (19/06/2019).

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Utara-Aceh, Mariamah mengatakan, salah satu faktor penunjang kepuasan peserta adalah terpenuhinya informasi yang akurat dan up to date.

BPJK Kesehatan, kata Mariamah, terus menggalakkan sosialisasi untuk memastikan para peserta memahami hak, manfaat hingga prosedur penjaminan pelayanan kesehatan JKN-KIS.

“Dengan kehadiran kami di sini, kita bisa tukar pikiran tentang pemahaman masyarakat mengenai Program JKN-KIS,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak BPJS Kesehatan juga memboyong praktisi kesehatan untuk mempromosikan pola hidup sehat kepada peserta JKN-KIS. Kehadiran praktisi kesehatan tersebut diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk memahami betapa mudah dan murahnya menerapkan perilaku hidup sehat dalam keseharian.

“Jika banyak peserta JKN-KIS yang berperilaku hidup sehat, angka peserta yang sakit bisa menurun,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengunjungi sejumlah pasien JKN KIS yang anggota PWRI yang sedang sakit. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa peserta mendapat pelayanan kesehatan yang optimal dan sesuai dengan prosedur.

“Dengan melihat langsung layanan di sini, kita bisa melakukan evaluasi secara lebih komprehensif. Artinya jika ditemukan suatu kendala, kita punya kesempatan untuk menggali lebih dalam letak permasalahannya, sehingga kita bisa cepat memberikan alternatif solusinya untuk perbaikan layanan ke depan,” kata Mariamah.

Sebagai program jaminan sosial kesehatan terbesar di dunia, jelas Mariamah, saat ini jumlah peserta JKN-KIS telah melampaui angka lebih dari 221 juta jiwa.

Seiring dengan melonjaknya pertumbuhan peserta, BPJS Kesehatan menguatkan sinerginya dengan organisasi peserta dengan harapan informasi-informasi terbaru JKN-KIS dapat tersalurkan kepada anggota organisasi.

“BPJS Kesehatan juga siap menerima masukan konstruktif dari organisasi peserta demi perbaikan dan kemajuan Program JKN-KIS,” jelasnya.

Sementara pengurus besar PWRI, Djoko Sidik Pramono menyambut baik kehadiran BPJS Kesehatan untuk memberikan pemahaman tentang kesehatan kepada ratusan para pensiunan berusia lanjut.

“Pertemuan ini sangat penting dalam upaya meningkatkan kesehatan para pensiunan,” katanya.

Kegiatan Sarasehan bersama BPJS Kesehatan di Banda Aceh juga dihadiri Deputi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Arief Syaefuddin dan Idrus Hayat, Ketua PWRI Aceh. [Tommy]

SHARE