Home Nanggroe Harganas, HKG-PKK, dan PIPMG Diperingati Bersama di Bener Meriah

Harganas, HKG-PKK, dan PIPMG Diperingati Bersama di Bener Meriah

SHARE
Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh Dyah Erti Idawati. Foto Ist

BANDA ACEH – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Provinsi Aceh akan digelar bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 dan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) 2019 di Bener Meriah.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Aceh Sahidal Kastri di Banda Aceh, Senin (24/6/2019), mengatakan pelaksanaan puncak kegiatan tersebut dilaksanakan pada 13 Juli 2019 mendatang.

“Sedangkan rangkaian acara dilakukan mulai 9 hingga 13 juli 2019 dengan agenda kegiatan antara lain pameran teknologi tepat guna dan bulan bakti gotong royong masyarakat,” kata dia.

Sahidal Kastri mengatakan dirinya sudah beberapa kali ikut serta dalam rapat bersama, baik di Bener Meriah maupun di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan PKK dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh. Agar nanti acara bisa berjalan dengan baik dan sukses,” kata Sahidal.

BKKBN sendiri kata Sahidal akan ikut serta pameran yang akan dibuka pada 9 Juli oleh Bupati Bener Meriah selaku tuan rumah dan berakhir pada 13 Juli. Dengan memamerkan produk-produk unggulan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

“Selain itu kita juga ikut dalam even gotong royong massal di sana nanti, jalan santai keluarga, juga ada senam Lansia, dan pelayanan gratis KB,” sebut Sahidal.

Menurut Sahidal dengan keterlibatan BKKBN Aceh pada kegiatan besar Pemerintah Aceh ini diharapkan program kependudukan, keluarga bersama, dan pembangunan keluarga (KKBPK) bisa tersosialisasikan dengan baik tidak saja kepada masyarakat tetapi juga kepada Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kabid ADPIN BKKBN Aceh Faridah menambahkan, Harganas ke-26 Tingkat Nasional akan digelar di Kalimatan Selatan dari 2 hingga 7 Juli mendatang yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan para menteri di kabinetnya.

“Selesai kegiatan Harganas tingkat nasional, kami akan ke Bener Meriah, ikut menyukseskan kegiatan bersama tersebut,” ucap Faridah.

Sementara secara terpisah, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh Dyah Erti Idawati mengajak seluruh komponen masyarakat dan SKPA terkait, untuk mensukseskan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Provinsi yang digelar sekaligus dengan HKG-PKK, dan PIPMG Tahun 2019.

“Pelaksanaan Harganas, HKG-PKK, dan PIPMG digelar bersamaan di Bener Meriah. Tujuannya selain ingin memperkenalkan potensi alam dan pariwisata di daerah penghasil kopi Arabika kelas dunia, juga mendekatkan program kerja yang bisa disinergisitas antara PKK, BKKBN Aceh, dan DPMG Aceh. ujar Dyah.

Selain itu Dyah Erti Idawati juga meminta keterlibatan seluruh SKPA untuk mendukung kegiatan besar bersama ini. Dalam hal pengembangan pariwisata ini, Dyah meminta Dinas Pertanian dan Pariwisata diharapkan untuk dapat lebih andil pada kegiatan ini.

Kepala DPMG Aceh Bukhari mengatakan, sejauh ini, persiapan kegiatan bersama antara dinasnya, PKK, dan BKKBN terkoordinasi dengan baik. Begitu juga dengan tuan rumah, Bener Meriah yang sudah memfasilitasi segala kebutuhan kegiatan.

“Begitu pun dengan SKPA yang juga ikut membantu dengan finansial sesuai tupoksi masing-masing. Dengan dukungan semua SKPA kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Bukhari. ****

Editor: Rizki Aulia

SHARE