Home Travel Disbudpar Aceh Kampanyekan API 2019 pada Gathering Komunitas Pariwisata

Disbudpar Aceh Kampanyekan API 2019 pada Gathering Komunitas Pariwisata

SHARE
Peserta gathering pariwisata di Gampong Nusa, Aceh Besar, Sabtu (22/6/2019). Foto Ist

BANDA ACEH – Sedikitnya 50 stakeholder pariwisata di Provinsi Aceh mengikuti Gathering Komunitas Pariwisata. Acara ini diselenggarakan di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu-Munggu (22-23/6/2019).

Para stakeholder yang mengikuti kegiatan dimaksud merupakan pekerja tour, travel, event organizer, perhotelan, pelaku seni, chef, catering, desainer, guide, generasi pesona Indonesia, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin SE MSi Ak, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Disbudpar Aceh. Tujuannya, agar para stakeholder pariwisata kian kompak dan solid untuk terus mempromosikan wisata Aceh serta mendatangkan tamu sebanyak-banyaknya ke Bumi Serambi Mekkah.

Menurut Jamaluddin, pada tahun ini, misi utama gathering untuk mengajak para stakeholder mengampanyekan kepada seluruh pihak untukikut memilih tujuh destinasi wisata unggulan di Aceh yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

“Ini salah satu momentum mengajak seluruh stakeholder menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat, agar ikut andil memilih desetinasi-destinasi wisata Aceh yang menjadi nominasi API 2019. Mudah-mudahan, tahun ini, kita bisa kembali mendulang kemenangan, sehingga pariwisata Aceh kian dikenal di seluruh dunia,” ujar Jamaluddin.

Kabid Promosi Disbudpar Aceh, Rahmadani MBus, mengatakan ada tujuh kategori saat ini yang sedang diperlombakan pada API 2019. Ketujuh kategori dimaksud yakni Destinasi Unik Populer, Festival Pariwisata Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, dan Atraksi Budaya Terpopuler.

Untuk Destinasi Unik Populer, imbuh Rahmadani, nominasi dari Aceh yakni Kilometer Nol Indonesia di Kota Sabang. Sedangkan Festival Pariwisata Terpopuler, diusulkan Sabang Marine Festival juga di Kota Sabang. Sementara Cinderamata Mata Terpopuler, nominasinya adalah Karawang Gayo asal Gayo Lues.

Selain itu, pada nominasi Makanan Tradisional Terpopuler adalah Sate Apaleh Geurugok, Kabupaten Bireuen. “Untuk Surga Tersembunyi Terpopuler, kali ini nominasi dari Aceh ialah Tansaran Bidin I Kabupaten Bener Meriah. Sedangkan Ekowisata Terpopuler yaitu Mangrove Forest Park di Kota Langsa. Terakhir adalah Atraksi Budaya Terpopuler kali ini nominasinya Rabbani Wahed asal Kabupaten Bireuen,” ungkap Rahmadani.

Rahmadhani mengatakan, alasan pemilihan Gampong Nusa sebagai pemilihan lokasi Gathering Komunitas Pariwisata daerah tersebut merupakan kampong wisata, sehingga sesuai dengan kampanye API 2019 yang kini tengah diusung.

Editor: Rizki Aulia

SHARE