Home Nanggroe Dinas Sosial Aceh Tangani 36 Kasus Bayi Telantar

Dinas Sosial Aceh Tangani 36 Kasus Bayi Telantar

SHARE
Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri. Dok Dinas Sosial Aceh

BANDA ACEH – Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri menyebutkan pihaknya melalui Bidang Rehabilitasi Sosial sudah menangani 36 kasus bayi telantar di Aceh sejak Januari 2018 hingga Mei 2019.

“Ada 36 kasus bayi telantar yang kami tangani sejak hampir satu tahun setengah ini,” kata Alhudri pada rapat koordinasi basis data terpadu program rehabilitasi sosial anak di Banda Aceh, Minggu (12/5/2019).

Dari 36 kasus anak telantar tersebut, 26 di antaranya ditangani pada tahun 2018. Selebihnya 10 kasus ditangani dalam rentang waktu Januari hingga Mei 2019.

Dari sederet kasus bayi terlantar ditangani Dinas Sosial Aceh, jumlah orang tua angkat yang sudah mengikuti sidang tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak (PIPA) pada tahun 2017 berjumlah 4 orang.

Dan pada tahun 2018 berjumlah 23 orang yang tersebar di Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Tengah, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Aceh Timur.

Sidang Tim PIPA ini merupakan prosedur yang harus diikuti oleh setiap calon orang tua angkat sebelum dinyatakan layak mengadopsi bayi telantar tersebut menjadi anak angkatnya.

“Dengan mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku, Pemerintah Aceh ingin pelayanan dasar dan pemenuhan kebutuhan setiap anak akan kasih sayang, keselamatan, kesejahteraan, dan hak-hak sipil anak yang diadopsi benar-benar terpenuhi,” kata Alhudri. ***

Editor : Rizki Aulia

SHARE