Beranda Nanggroe BPJS Kesehatan Banda Aceh Kuncurkan Rp 198 Milliar Bayar Klaim Rumah Sakit

BPJS Kesehatan Banda Aceh Kuncurkan Rp 198 Milliar Bayar Klaim Rumah Sakit

BERBAGI
BPJS Kesehatan Banda Aceh memberikan keterangan pers terkait pembayaran klaim kepada pihak Rumah Sakit

BANDA ACEH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Banda Aceh menguncurkan dana sebesar Rp 198 milliar lebih untuk membayar hutang klaim jatuh tempo kepada pihak Rumah Sakit sepanjang bulan April 2019.

Sementara secara nasional, BPJS menggelontorkan dana Rp 11 triliun untuk membayar utang kepada Rumah Sakit kerjasama.

“Khusus di wilayah kantor cabang BPJS Kesehatan Banda Aceh yang memegang tanggungjawab di lima Kabupaten-kota meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang Pidie dan Pijay sudah dikuncurkan Rp 198 milliar lebih,” kata Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala BPJS Kesehatan Banda Aceh, T.M. Afandy, Selasa (16/4/2019).

Ia meyebutkan dana kapitasi dan tagihan klaim yang di bayarkan BPJS Kesehatan cabang Banda Aceh terdiri dari 155 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 32 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang ada di lima kabupaten kota.

“Klaim ini dibayarkan yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo pada 16 April 2016,” katanya, Selasa (16/4/2019).

Ia juga menyebutkan setiap tanggal tanggal 15 pembayaran untuk FKTP, oleh karena itu ada kemungkinan pembayaran ke fasilitas kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dan dapat di lakukan paling lambat hari ini.

“Pembayaran utang jatuh tempo ke RS dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out. Di mana urutan pembayarannya disesuaikan dengan catatan BPJS,” sebutnya.

BPJS Kesehatan, lanjut TM Afandy, selalu berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi.

“Diharapkan masyarakat semakin yakin bahwa program ini akan terus berlangsung, rumah sakit menjadi lebih tenang dan tenaga kesehatan merasa nyaman. Jika terdapat kekurangan hendaknya dapat diperbaiki bersama-sama,” ungkapnya.[Tommy]

BERBAGI