Beranda Nanggroe Akhirnya Jamil Khairi Terbebas dari Pasang

Akhirnya Jamil Khairi Terbebas dari Pasang

BERBAGI
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah (kanan) berbincang dengan Jamil Khairi yang dipasung dengan rantai di Gampong Padang Sakti Kecamatan Muara Satu, Aceh Utara, Selasa (2/4). Foto Humas Pemerintah Aceh

ACEH UTARA – Selasa (2/4) merupakan hari menggembirakan bagi Jamil Khairi. Rantai pasung yang selama ini melilit kakinya dibuka oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Selama ini, pemuda berusia 32 tahun itu dipasung dengan cara dirantai oleh keluarganya di pondok di belakang rumah mereka, di Gampong Padang Sakti Kecamatan Muara Satu, Aceh Utara.

“Kiban, Ka sehat kan? (Bagaimana, sudah sehatkan?) Sapa Plt Gubernur singkat, saat tiba di gubuk tempat Jamil dipasung.

“Ka sehat Pak Gubernur (sudah sehat pak Gubernur) jawab Jamil datar.”
“Meunyoe ka sehat senyum bacut. Salam komando le sigoe (kalau sudah sehat, senyum sedikit, mari kita salam komando),” ujar Nova, sembari menggenggam erat tangan Jamil Khairi.

Jamil Khairi merupakan anak dari pasangan Muhammad Nur dan Khadijah. Jamil didiagnosa mengidap schizoprenia atau gangguan yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan dan berperilaku dengan baik.

“Alhamdulillah, hari ini pasung yang membelenggu Jamil Khairi akan kita lepas,” ujar Plt Gubernur, sesaat sebelum membuka belenggu rantai di kaki Jamil Khairi.

“Ka jeut Jamil beuh, lon hanjeut trep karena na kerja laen. Semangat beuh (baik Jamil, saya tidak bisa berlama-lama karena ada pekerjaan lain yang harus saya selesaikan. Semangat ya,” ujar Nova sembari kembali melakukan salam komando bersama Jamil dan menuju ke lokasi acara lainnya.

Aceh Bebas Pasung adalah salah satu program yang diusung oleh Pemerintah Aceh periode 2017-2022.

Setelah pasung yang membelenggu kakinya dilepas, Jamil Khairi akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh untuk menjalani perawatan lebih lanjut. ***

Sumber: Humas Pemerintah Aceh

BERBAGI