Tgk Muharuddin Bantu Biaya Berobat Bocah Penderita Gangguan Fungsi Hati

    BERBAGI

    ACEH TAMIANG – Anggota DPRA Tgk. Muharuddin menyerahkan bantuan biaya untuk pengobatan Suratmin, 14 Tahun, Warga Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang, yang menderita penyakit gangguan fungsi hati, Minggu (3/3/2019).

    Sukar, 44 Tahun, ayah kandung Suratmin kepada saat dikunjungi Tgk. Muharuddin di kediamannya mengaku kini tak lagi mampu membawa bocah malang tersebut ke rumah sakit dikarenakan tidak lagi memiliki biaya pengobatan, meski biaya rumah sakit ditanggung Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS).

    “Kalau biaya rumah sakit memang ditanggung BPJS, tetapi untuk biaya di luar rumah sakit, yaitu untuk mendampingi Suratmin di rumah sakit, kami tidak ada biaya lagi,” ungkap Sukar.

    Sukar mengatakan selama anaknya menderita penyakit tersebut dalam kurun waktu 8 bulan terakhir, dirinya telah mengupayakan untuk berobat di tiga rumah sakit (RS), yaitu RSUD Aceh Tamiang, RSUD Langsa, hingga RS Adam Malik di Medan.

    “Karena tidak ada biaya lagi untuk pegi berobat dan biaya mendapingi di rumah sakit, selama ini kami mencoba pengobatan alternative (pengobatan tradisional),” ungkar Sukar didampingi anaknya Suratmin yang terduduk lemas dengan kondisi sebagian tubuhnya membengkak.

    Tgk Muharuddin saat menjenguk bocah penderita penyakit gangguan fungsi hati di Aceh Tamiang. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]
    Mendengar hal tersebut, Tgk. Muharuddin menyarankan agar Sukar kembali membawa anaknya untuk berobat ke rumah sakit da dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh, meski saat ini sedang menjalani pengobatan tradisional.

    “Kalau kita lihat dari kondisinya, ini perlu penanganan medis. Walaupun kemarin sudah dicoba berobat tapi belum sembuh, tetap harus kembali diupayakan pengobatan ke rumah sakit,” ungkap politisi Partai Aceh itu seraya menyemangatkan Suratmin agar diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

    Selain memberikan sejumlah biaya untuk kebutuhan berobat, Tgk. Muharuddin mengatakan dirinya akan membantu keperluan lainnya dan kebutuhan rujukan yang diperlukan Sukar untuk membawa anaknya kembali berobat ke RSUDZA Banda Aceh.

    “Nanti jika ada kendala atau kebutuhan lainnya yang diperlukan untuk pengobatan di rumah sakit, mohon dikabari ke saya. Insya Allah nanti apa yang bisa saya bantu, akan saya usahakan, demi kesembuhan Suratmin supaya bisa kembali beraktifitas dan ke sekolah seperti anak-anak lainnya,” ungkapnya. [Reza Gunawan]

    BERBAGI