Home Nanggroe Abrasi Sungai Gunung Pandan Ancam Pemukiman Warga, Pemkab Aceh Tamiang Diminta Lakukan...

Abrasi Sungai Gunung Pandan Ancam Pemukiman Warga, Pemkab Aceh Tamiang Diminta Lakukan Penanganan

SHARE

ACEH TAMIANG – Anggota DPR Aceh, Tgk. Muharuddin, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang untuk segera melakukan penanganan mengatasi abrasi Sungai Gunung Pandan, yang berada di Desa Selamat, Aceh Tamiang. Abrasi tersebut mengancam pemukiman warga, khususnya rumah yang berada di pinggiran sungai.

“Abrasi sungai ini membahayakan masyarakat setempat, yang sewaktu-waktu dapat terdampak terhadap rumah warga yang berada di pinggiran sungai,” kata Tgk. Muharuddin saat meninjau lokasi terjadinya abrasi Sungai Gunung Pandan, Minggu (3/3/2019).

Untuk itu, Tgk. Muharuddin mengharapkan Pemkab Aceh Tamiang segera menurunkan tim untuk melakukan kajian teknis guna mengatasi abrasi Sungai Gunung Pandan. Apalagi, kata dia, sungai tersebut merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat Aceh Tamiang.

“Ini harus segera ditindaklanjuti, apakah nantinya penanganan abrasi itu dilakukan Pemkab Aceh Tamiang atau harus adanya dukungan dari Pemerintah Aceh. Jika terlambat, maka dikawatirkan akan berdampak ke rumah warga,” imbuh politisi Partai Aceh ini.

Anggota DPRA Tgk Muharuddin saat meninjau lokasi terjadinya abrasi Sungai Gunung Pandan Aceh Tamiang. [Foto: AcehOnline/Reza Gunawan]
Sementara itu Kepala Dusun Gunung Pandan Desa Selamat, Sukirno, mengatakan abrasi yang terjadi di Sungai Gunung Pandan di dusunnya telah terjadi sejak satu tahun terakhir. Hingga kini, total tebing sungai yang telah terjadi abrasi yaitu sepanjang 700 hingga 800 meter.

“Kami berharap pemerintah segera mengatasi abrasi ini, jika tidak maka rumah warga yang berada di pinggiran sungai akan amblas,” harapnya. [Reza Gunawan]

SHARE