Home Hukum Usai Kontak Tembak, Polisi Amankan Pistol dan 26 Paket Sabu Polisi di...

Usai Kontak Tembak, Polisi Amankan Pistol dan 26 Paket Sabu Polisi di Aceh Utara

SHARE
Ilustrasi sabu. [Foto: Istimewa]

LHOKSUKON – Tim gabungan Polres Aceh Utara kontak tembak dengan jaringan pengedar sabu-sabu di kawasan Cot Girek. Usai kejadian itu, polisi menemukan satu pucuk senjata api rakitan jenis FN serta 26 paket sabu.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Resnarkoba AKP Ildani Ilyas di Lhoksukon, Rabu (9/1/2019), mengatakan selain barang bukti petugas juga menangkap empat pria dicurigai berhubungan dengan kelompok itu.

“Lokasi penggerebakan ini berada di Gampong (Desa) Alue Drien dan Lhok Meurbo, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Kejadiannya kemarin (Selasa, 8/1), sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB,” kata Ildani Ilyas.

Ildani Ilyas mengatakan, penggerebekan ini berawal saat petugas Satuan Resnarkoba mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan Mr alias Ki Robot, pria ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres setempat sejak tiga bulan terakhir, terkait tindak pidana narkotika jenis sabu.

Mengetahui itu, tim gabungan Sat Resnarkoba, Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Sabhara yang dipimpin Kabag Ops AKP Iswahyudi bergerak ke sebuah kebun kosong yang diduga tempat persembunyian Mr alias Ki Robot di Gampong Alue Drien, Kecamatan Cot Girek.

“Setibanya di tempat itu sekira pukul 15.00 WIB langsung dilakukan penggerebekan, kemudian Mr alias Ki Robot bersama empat orang laki-laki lainnya di lokasi itu langsung melarikan diri,” kata Kasat Resnarkoba.

Saat itulah terjadi kontak tembak dengan petugas, karena mereka sudah megetahui keberadaan polisi. Namun kontak tembak ini tidak berlangsung lama, karena kelompok itu melarikan diri.

Saat dilakukan penggeledahan di lokasi, petugas gabungan mendapati satu pucuk senpi rakitan jenis FN bersama 1 magasin dan 7 butir peluru, kemudian polisi juga menemukan 26 paket sabu, 1 kotak rokok dan 1 kotak putih yang diduga kuat milik Mr alias Ki Robot.

Selanjutnya, sambung Ildani Ilyas, tim melakukan pengembangan dan penyisiran ke lokasi sekitar. Saat melakukan penyisiran itu, petugas menemukan empat pria di Gampong Lhok Meurbo dan menangkapnya sekitar pukul 15.30 WIB.

Dijelaskan, keempat pria ini masing-masing Ns (22), warga Alue Mane, Kecamatan Cot Girek, Ef (44) dan MH (25), warga Lhok Meurbo, Kecamatan Cot Girek dan selanjutnya AG (40), warga Meudang Ara, Kecamatan Baktiya. Meraka adalah warga Kabupaten Aceh Utara.

“Saat ditangkap dari keempat laki-laki tersebut ditemukan barang bukti 1 paket narkotika jenis sabu beserta 1 set bong atau alat pengisap sabu-sabu,” imbuh Ildani Ilyas.

Petugas mencurigai keempat tersangka itu ada kaitannya dengan Mr alias Ki Robot. Kemudian mereka dibawa ke ruang Sat Resnarkoba untuk menjalani proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kasat Resnarkoba AKP Ildani Ilyas menjelaskan, barang bukti yang ditemukan dari kelompok Mr alias Ki Robot berupa satu pucuk senpi rakitan beserta 1 magasin dan 7 butir peluru, kemudian 26 paket sabu yang dikemas dengan plastik bening seberat 16,51 gram.

Sementara barang bukti dari empat pria yang ditangkap di lokasi terpisah, berupa 1 sabu yang dikemas dengan plastik bening seberat 0,11 gram dan 1 set bong atau alat pengisap sabu-sabu.

SUMBER: Antara Aceh

SHARE