Beranda Nanggroe Sumur Warga di Aceh Utara Semburkan Gas Campur Lumpur hingga Lima Meter

Sumur Warga di Aceh Utara Semburkan Gas Campur Lumpur hingga Lima Meter

BERBAGI
Sumur di kawasan Jambo Aye, Aceh Utara, menyemburkan gas bercampur lumpur. [Foto: Istimewa]

PANTON LABU – Semburan lumpur yang bercampur gas berasal dari galian sumur bor milik warga menggegerkan warga Desa Tanjong Meunyo, Kecamatan Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Semburan lumpur ke udara mencapai lima meter.

Menurut penjabat Kepala Desa Tanjong Meunje, Mawardi, semburan lumpur itu pertama kali diketahui saat seorang warga hendak memperbaiki galian sumur bor miliknya pada pukul 10.00 WIB, Rabu, 23 Januari 2019.

Warga yang tinggal di daerah itu, katanya, mengungsi ke tempat saudara mereka. Sebab, warga takut dan tidak mau mengambil risiko. Ada sepuluh rumah di sekitar lokasi semburan itu dan semua penghuninya mengungsi ke rumah saudara mereka.

Hingga kini, semburan gas bercampur lumpur itu masih berlangsung di lokasi kejadian. Lumpur itu juga sudah menggenangi perkebunan milik warga.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Aceh Utara, Nuraina menjelaskan, kawasan pesisir Aceh Utara dan Aceh Timur merupakan wilayah yang memiliki potensi minyak dan gas (migas). Pengeboran dengan kedalaman tertentu berpotensi memunculkan semburan gas.

“Hal ini perlu diimbau kepada masyarakat agar dapat memahami kondisi dan gejala alam lingkungan di sekitarnya,” ujar Nuraina.

Sekitaran sumur yang mengeluarkan gas dan lumpur dinyakini Nuraina merupakan jalur sisa-sisa migas.

“Kita memang hidup di atas bentangan alam yang di bawahnya masih tersimpan kekayaan migas yang patut kita syukuri dengan menjaga lingkungan,” kata dia.

Nuraina mengaku, pada 2016 pihaknya pernah melarang warga di sepanjang Pesisir Jambo Aye untuk melakukan pengeboran ilegal.

“Semburan lumpur tersebut diduga mengandung gas metan yang mudah terbakar. Untuk sementara agar masyarakat waspada,”

SUMBER: Viva.co.id/Okezone.com

BERBAGI