Home Nanggroe Sumur Warga Bergelembung Pasca Semburan Lumpur Gas di Aceh Utara

Sumur Warga Bergelembung Pasca Semburan Lumpur Gas di Aceh Utara

SHARE
Sumur di kawasan Jambo Aye, Aceh Utara, menyemburkan gas bercampur lumpur. [Foto: Istimewa]

PANTON LABU – Sejumlah sumur milik warga bergelembung udara paska terjadinya semburan lumpur yang diserta pelepasan gas di Gampong (desa) Tanjong Meunjeu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

“Ada sejumlah sumur milik warga di sekitar lokasi terjadinya semburan lumpur dan gas sekarang mengeluarkan gelembung udara di dalam sumurnya,” kata Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkyan Milyardin melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye, AKP Adi Sucipto, Jumat (25/1/2019).

Menurut dia, terdapat beberapa sumur warga yang mengeluarkan gelembung udara di sekitar lokasi antara lain, Nurlian Salim (70), Nadir (38) dan di halaman rumah milik M. Yusuf (51) terdengar suara gemuruh di dalam tanah.

“Lokasi sejumlah rumah tersebut berjarak sekitar 40 meter dari lokasi semburan lumpur dan gas tersebut. Masyarakat belum diperbolehkan mendekati areal tersebut,” kata Kapolsek.

Tiga lokasi yang membuat resah warga ini telah dipasang garis polisi. Warga diimbau menjauh dan tidak menyalakan api dekat lokasi bekas semburan lumpur dan lokasi sumur yang menimbulkan gelembung tersebut.

Bahkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya intensif melakukan patroli ke tempat itu guna memantau terus perkembangan yang terjadi.

Sebelumnya, satu unit sumur bor di dekat rumah warga di Gampong Tanjong Meunye, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, menyemburkan lumpur dan material lain berupa pasir disertai bau gas dengan ketinggian mencapai puluhan meter pada Rabu pagi (23/1).

Sumur yang masih dalam tahap pengemboran ini berada di sebuah kebun cabai di dekat rumah penduduk. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sejumlah warga yang tinggal di dekat lokasi telah mengungsi.

SUMBER: Antara Aceh

SHARE