Beranda Nanggroe Sumur di Aceh Utara Semburkan Lumpur Bercampur Gas, Dinas ESDM dan Pertamina...

Sumur di Aceh Utara Semburkan Lumpur Bercampur Gas, Dinas ESDM dan Pertamina Diminta Segera Turunkan Tim

BERBAGI
Anggota DPR Aceh, Tgk. Muharuddin. [Foto: Istimewa]

BANDA ACEH – Anggota DPR Aceh, Tgk. Muharuddin, meminta Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) serta PT. Pertamina untuk segera mengirimkan tim memeriksa sumur di kawasan Jambo Aye Aceh Utara yang menyemburkan lumpur bercampur gas.

“Dinas ESDM dan Pertamina serta instansi terkait diharapkan segera melakukan langkah-langkah kongkrit terhadap sumur yang menyemburkan lumpur bercampur gas itu, agar tidak meresahkan warga dan menimbulkan korban jiwa,” kata Tgk. Muharuddin usai menerima informasi adanya sumur di Aceh Utara yang menyemburkan gas bercampur lumpur, Rabu (23/1/2019).

Menurut informasi, kata Tgk. Muhar, diduga semburan lumpur itu akibat adanya kandungan gas dan minyak. Hal itu, tentu akan mudah terbakar dan membahayakan warga.

“Jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dan menimbulkan korban jiwa, seperti tragedi meledaknya sumur minyak di Aceh Timur. Untuk itu perlu ada penanganan cepat dari pihak terkait,” ungkap Politisi Partai Aceh asal Aceh Utara ini.
Kepada masyarakat, Tgk. Muharuddin mengimbau agar dapat waspada serta menjauh dari lokasi semburan minyak.

“Semoga semburan gas itu dapat segera ditangani. Warga setempat diharapkan dapat menjauh dari titik-titik yang dianggap membahayakan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, semburan lumpur yang bercampur gas berasal dari galian sumur bor milik warga menggegerkan warga Desa Tanjong Meunyo, Kecamatan Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Semburan lumpur ke udara mencapai lima meter.

Menurut penjabat Kepala Desa Tanjong Meunje, Mawardi, semburan lumpur itu pertama kali diketahui saat seorang warga hendak memperbaiki galian sumur bor miliknya pada pukul 10.00 WIB, Rabu, 23 Januari 2019. [Reza Gunawan]

BERBAGI